10 Objek Wisata yang Sempat Cetak Rekor Dunia, Salah Satunya Punya Indonesia

0
138

Dunia ini penuh dengan keajaiban dan keindahan alam yang patut dieksplorasi. Rasanya kurang lengkap kalau kamu mengaku sebagai traveller sejati, tetapi yang kamu kunjungi cuma kota-kota besar di luar negeri.

Sesekali coba kunjungi objek-objek wisata yang non-mainstream. Misalnya saja destinasi-destinasi pemecah rekor dunia seperti Ice Hotel Swedia atau Gurun Atacama di perbatasan Chile dan Bolivia. Mau yang lokal-lokal saja? Indonesia juga punya situs keren yang memecahkan rekor dunia, kok.

Simak ulasan mengenai objek-objek wisata dengan rekor dunia yang Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber.

Gurun Terkering di Dunia – Atacama

Pengendara sepeda tercepat di dunia. REUTERS/Pool

Menurut National Gegraphic Magazine, Atacama yang terletak di perbatasan Chile dan Bolivia merupakan gurun paling kering di muka bumi. Tandusnya gurun ini hanya bisa ditandingi oleh wilayah di kutub. Saking keringnya, padang pasir yang meliputi wilayah seluas 1.000 kilometer ini sering dibanding-bandingkan dengan planet Mars oleh para ilmuwan.

Walaupun begitu, Atacama merupakan rumah bagi lebih dari 500 spesies flora yang memiliki kemampuan luar biasa dalam beradaptasi dengan kondisi ekstrem. Curah hujan yang tinggi dalam waktu singkat mampu menghidupkan kembali tanaman-tanaman gurun ini dan menjadikan Atacama sebagai padang bunga.

Fenomena ini biasanya terjadi pada bulan September hingga November, ketika curah hujan paling tinggi.

Kompleks Kastel terbesar di dunia – Prague Castle

Prague Castle. Shutterstock

Kastel dengan kompleks wilayah terbesar menurut Guinness Book of Records adalah Prague Castle. Kastel megah yang terdiri dari kompleks benteng, menara, gereja museum, dan galeri ini terletak di tengah Praha, ibukota Ceko. Luas area bangunan mencapai 70.000 meter persegi, seukuran dengan 7 lapangan sepak bola.

Gua Terbesar di Dunia – Hang Son Doong

Hang Son Doong. Barcroft Media/John Spies

Hang Son Doong terletak di provinsi Quang Binh, Vietnam, dekat dengan perbatasan antara Vietnam dan Laos. Dengan ukuran panjang mencapai 5 kilometer, tinggi 200 meter, dan lebar 150 meter gua ini bahkan bisa memuat sebuah gedung pencakar langit dengan 40 lantai di dalamnya. 

Gua ini memiliki kondisi alam yang unik. Di dalamnya terbentuk ekosistem tersendiri, lengkap dengan hutan lebat, sungai, air terjun, dan kolam-kolam jernih. Hutan di dalamnya senantiasa diliputi kabut tipis, menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Jika dilihat sekilas tampak seperti surga alam tersembunyi dalam film-film fiksi ilmiah.

Sungai Bawah Tanah Terpanjang di Dunia – Puerto Princesa

Puerto Princesa. Shutterstock

Gelarnya sebagai sungai bawah tanah terpanjang di dunia memang sudah tergeser oleh sungai di bawah Yucatan, Meksiko pada tahun 2007. Namun hingga saat ini Puerto Princesa tetap sungai bawah tanah terpanjang yang bisa dijelajahi manusia.

Sungai yang bersumber dari aliran Cabayugan itu merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu New 7 Wonders of Nature .

Sungai ini membentang dari Cabayugan, melalui gua-gua kapur yang menakjubkan, dan menuruni lereng Gunung Bloomfield sebelum menghilang di bawah Gunung St. Paul. Sungai ini bisa dijelajahi wisatawan dengan perahu atau kano.

Hotel Es Terbesar di Dunia – ICEHOTEL

ICEHOTEL, Swedia. Flickr/bjaglin

Kalau kamu ingin merasakan sensasi tinggal di istana es seperti Elsa dan Anna dalam animasi Frozen, inilah tempat yang paling tepat. ICEHOTEL yang ada di Jukkasjarvi, Swedia merupakan hotel es terbesar di dunia hingga saat ini.

Hotel tersebut dibangun dengan balok-balok es raksasa yang diambil dari Sungai Torne pada bulan Maret. Setiap tahun seniman dari seluruh dunia didatangkan untuk merancang kamar-kamar suite yang masing-masing menampilkan desain berbeda.

Hotel dengan 65 kamar ini terbuka untuk umum pada bulan Desember. Pada saat itu, sekitar 50.000 wisatawan mengantri untuk menginap di sana.

Candi Buddha Terbesar di Dunia – Candi Borobudur

Candi Borobudur. Shutterstock

Candi Borobudur resmi menjadi candi Buddha terbesar di dunia. Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. Strukturnya menyerupai piramida berundak dan terbuat dari sekitar dua juta batu andesit. Sedangkan bangunannya terbagi menjadi tiga bagian yang melambangkan fase hidup manusia, yaitu kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu.

Borobudur merupakan candi peninggalan Dinasti Syailendra. Candi yang pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini sampai sekarang candi ini masih menjadi tempat pemujaan bagi para penganut agama Buddha dari seluruh dunia.

Puncak Tertinggi di Dunia – Mount Everest

Mount Everest. Shutterstock

Ketinggian mencapai 8.848 meter menjadikan Mount Everest, puncak Pegunungan Himalaya sebagai gunung tertinggi jika diukur dari permukaan laut. Puncak ini menjadi titik penghubung batas negara Nepal dan China.8 dari 10 halaman

Bangunan Tertua yang Masih Berdiri – Kuil-Kuil Megalitikum Malta

Kuil-Kuil Megalitikum Malta. Shutterstock

Kuil-Kuil Megalitikum Malta merupakan salah satu situs religius tertua di muka bumi. Meskipun memerlukan renovasi di sana-sini, kompleks ini juga struktur bangunan tertua di dunia yang masih berdiri.

Situs Warisan Dunia menyebutnya sebagai mahakarya arsitektur yang unik.Pada tahun 1992, struktur megalitikum ini resmi masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.9 dari 10 halaman

Museum Seni Terbesar di Dunia – Musee du Louvre

Musee du Louvre. Shutterstock

Dahulu Musee du Louvre atau lebih populer disebut Louvre adalah sebuah istana. Sekarang bangunan tersebut beserta kompleks lahan di sekitarnya telah difungsikan menjadi museum. Lebih tepatnya museum seni terbesar di dunia. Beberapa koleksi karya seninya yang paling tenar adalah lukisan Mona Lisa dan Venus de Milo.10 dari 10 halaman

Taman Bunga Natural Terbesar di Dunia – Dubai Miracle Garden

Sejak pertama kali dibuka, Dubai Miracle Garden sudah mencetak rekor dengan instalasi bunga terbesar di dunia. Sampai saat ini, taman di tengah gurun Timur Tengah itu masih memegang gelar sebagai taman bunga natural terbesar di dunia dengan luas mencapai 72.000 meter persegi.