10 Orkes Keroncong Nusantara Meriahkan ‘Solo Keroncong Festival 2019’

0
183

Sebanyak 10 kelompok orkes keroncong se Nusantara, akan memeriahkan gelaran Solo Keroncong Festival (SKF) 2019. Festival ke-10 kalinya tersebut bakal digelar di halaman Balai Kota Solo, 26 hingga 27 Juli 2019.

Ketua Penyelenggara SKF 2019, Cuk Subagyo berharap gelaran SFK mampu menjadi pembangkit seni budaya musik keroncong, di tengah gelombang seni budaya modern. Pada SKF 2019 ini, maestro keroncong Waldjinah akan tampil pada hari kedua yakni tanggal 27 Juli.

“Bu Waldjinah akan duet dengan bintang tamu SKF yakni Dorce Gamalama. Kalau Dorce akan membawakan lagu karyanya sendiri, judulnya Gesang.” ujar Cuk, saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Rabu (24/7).

Kepada wartawan Waldjinah mengaku hanya menyiapkan 1 lagu yang akan dibawakan di atas panggung. Ia juga mempersilakan penonton untuk memilihkan lagu yang akan dibawakannya.

“Kalau saya lagunya terserah, apa yang diminta oleh penonton saja,” katanya.

Terkait penonton , Waldjinah menambahkan, untuk menarik minat generasi muda tidak bisa memaksakan mereka langsung membawakan musik keroncong asli. Mungkin harus dikolaborasikan dengan musik lain.

“Sulit kalau langsung keroncong murni. Mereka mau main pop dulu, atau apa dulu, baru pelan-pelan diarahkan ke keroncong,” jelasnya.

10 orkes keroncong yang akan tampil adalah, Tanjung Enim Sumatera Selatan, Mahasiswa UPI Bandung, Tjong Young Gita Citra Alam (TYGCA) Demak, Orkes Keroncong Swastika Solo, serta BPD Jateng, akan tampil pada hari pertama. Sedangkan Sekolah Pilar Remaja Cibubur, Orkes Keroncong Sawah Lunto, Orkes Keroncong De Poespo Jakarta, Orkes Keroncong Nuswa Solo, serta Orkes Keroncong Bintang Solo, akan tampil pada hari kedua. 

Sumber : Merdeka.com