2018, KESDM Memastikan Komitmen Investasi di Sektor Energi US$ 51 Miliar

0
120

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, mengatakan, pihaknya memastikan komitmen investasi pada sektor migas pada 2018.

Menurutnya, secara total, investasi pada sektor energi itu senilai US$51 miliar atau setara dengan 5% produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang senilai US$1.000 miliar.

“Tahun ini kita kan komit investasi, US$ 51 miliar. Dari US$ 51 miliar tersebut ini kan siapa saja yang berkontribusi di situ,” tutur Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (27/2).

Lebih jauh, Arcandra menuturkan, ada beberapa perusahaan migas yang mematok investasi tahun ini di atas US$2 miliar.

“Beberapa di antaranya seperti BP, Chevron, dan Pertamina juga cukup besar. Semua totalnya US$16,76 miliar khusus untuk migas,” ujarnya

Adapun, lanjut Arcandra, investasi sektor listrik menjadi yang paling besar, yakni senilai US$24,88 miliar. Investasi sektor listrik itu besar karena didukung oleh pembangunan independent power plant (IPP).

“Intinya kan untuk listrik itu paling besar, hampir separuh ya. Yang diminta itu detail ya. Angkanya benar dan dimonitor sehingga progresnya tercapai. Itu yang penting,” beber Direktur Pengadaan Strategis PT PLN (Persero), Supangkat Iwan Santoso

“Tadi kan investasi PLN US$ 24 miliar tahun ini, untuk pembangkit PLN maupun pembangkit IPP (Independent Power Producer), terus transmisi jaringan, gardu induk dan juga untuk jaringan distribusi,” lanjut Iwan.

 

 

Sumber : 2018, KESDM Memastikan Komitmen Investasi di Sektor Energi US$ 51 Miliar
2018, KESDM Memastikan Komitmen Investasi di Sektor Energi US$ 51 Miliar
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here