Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional 2019, kuota peserta mudik gratis dengan kapal laut jadi 100.000 orang

2019, kuota peserta mudik gratis dengan kapal laut jadi 100.000 orang

Kementerian Perhubungan berencana untuk meningkatkan kuota mudik gratis dengan kapal laut di tahun yang akan datang. Hal ini untuk memperlancar mudik lebaran, sekaligus menjadikan kapal laut sebagai moda transportasi baru untuk pulang ke kampung halaman.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan tahun depan pihaknya berencana menggelar mudik gratis untuk 100.000 pemudik, meningkat dari kuota program mudik gratis tahun ini sebesar 30.000 orang.

“Saya akan upayakan kalau bisa 3 kali lipat. 100.000 cuma akan dilihat ketersediaan kapalnya,” ungkapnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (20/6).

Selain menambah kuota, pihaknya juga berencana membuka rute baru, yakni ke Pelabuhan Panjang, Provinsi Lampung. Sementara itu, rute tetap yang akan kembali ditawarkan adalah Semarang, Jawa Tengah.

“Saya pikir saya akan tetap Jawa Tengah, karena yang paling masif. Kalau Surabaya terlalu lama, bisa 2 hari 2 malam. Kalau ini 22 jam, 20 jam itu masih dalam batas yang nyaman,” kata dia.

“Mungkin yang akan saya tambahkan ke Panjang, yang itu juga enggak cukup lama (waktu tempuh) sehingga produktivitas tinggi,” imbuh Budi.

Budi optimis, di tahun yang akan datang jumlah masyarakat yang memanfaatkan program ini bakal meningkat. Selain akan lebih ketat melakukan sosialisasi, Budi yakin masyarakat yang sudah menggunakan program ini akan menjadi agen promosi mudik gratis di masyarakat.

“Keluhan dari pemudik adalah sosialisasi belum maksimal. Sekarang kita sudah punya modal 25.000 lebih mudah meningkatkan jadi 50.000, karena data kita ada semua bisa sampaikan pada mereka, dan mereka seperti buyer get buyer,” tandasnya. [azz]

 

 

Sumber : medeka.com

Most Popular

Recent Comments