Friday, July 30, 2021
Home Jitu News 3 Anggota DPR Bakal Diperiksa dalam Lanjutan Sidang Kasus e-KTP

3 Anggota DPR Bakal Diperiksa dalam Lanjutan Sidang Kasus e-KTP

Hari ini, Senin (3/4), Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, menggelar sidang lanjutan dugaan korupsi proyek e-KTP. Ada sejumlah saksi yang bakal dihadirkan dalam sidang tersebut di antaranya adalah 3 orang anggota DPR yakni Melchias Marcus Mekeng, Khatibul Umam Wiranu, dan Jafar Hafsah.

Selain itu, ada nama mantan anggota DPR RI Olly Dondokambey, serta mantan staf Partai Demokrat, Eva Ompita Soraya. Ada pula nama lain yang bakal dihadirkan sebagai saksi yaitu Dian Hasanah, Vidi Gunawan, dan Yosef Sumartono.

Kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) ini mulai terungkap melalui surat dakwaan dua orang dari pihak Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto. Negara disebut mengalami kerugian keuangan hingga triliunan rupiah akibat korupsi yang diduga dilakukan secara bancakan ini.

 

Terkait kasus besar tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Yenni Sucipto, menilai, korupsi e-KTP itu memang sudah dirancang sejak awal. Ia mengatakan, proyek e-KTP saat dilaksanakan sudah memiliki masalah sejak 2010. Persoalan itu terus terjadi sampai 2013.

“Desain korupsi e-KTP sudah terlihat saat program di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu masih tahap perencanaan, pembahasan anggaran hingga pelaksanaannya. Tapi, kemudian ada pembiaran,” tutur Yenni saat Ngobrol Pintar (Ngopi) bertajuk Korupsi e-KTP dan Dampaknya Bagi Demokrasi Kita di Jakarta Selatan, Minggu (2/4).

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56109/3-anggota-dpr-bakal-diperiksa-dalam-lanjutan-sidang-kasus-e-ktp#ixzz4dFSHsSVv

Most Popular

Recent Comments