Sunday, November 28, 2021
Home Nasional 4 Ambisi pemerintah Jokowi di sektor pertanian jadi nomor 1 di dunia

4 Ambisi pemerintah Jokowi di sektor pertanian jadi nomor 1 di dunia

Pemerintahan Jokowi-JK bercita-cita mewujudkan swasembada sejumlah komoditas pangan strategis, seperti padi, jagung dan kedelai (Pajale), dapat tercapai dalam waktu tiga tahun. Dalam mencapai target ambisius tersebut, pemerintah telah meningkatkan anggaran secara signifikan.

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan peningkatan anggaran kedaulatan pangan sebesar 53,2 persen, dari anggaran tahun 2014 sebesar Rp 67,3 triliun menjadi Rp 103,1 di tahun 2017 belum menunjukkan hasil yang signifikan. Indonesia masih menghadapi sejumlah permasalahan guna mewujudkan target tersebut.

“Namun, tingginya alokasi anggaran tersebut ternyata belum optimal dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Dalam konteks Pajale (padi, jagung, kedelai) misalnya, tren peningkatan anggaran pada tiga komoditas ini tidak secara merata dan optimal mengakselerasi produksi dan produktivitas,” ujar Enny di Kantornya,Jakarta, Senin (10/7).

Enny mengatakan pemerintah juga masih melakukan impor beras yang cukup besar. Informasi tersebut dapat dilihat dari data PIB (Pemberitahuan Impor Barang), Ditjen Bea Cukai menunjukkan impor 2016 sebesar 1,3 juta ton, sementara Januari hingga Mei 2017 impor beras mencapai 94.000 ton.

“Impor beras masih cukup besar. Anggaran dan subsidi meningkat, tapi impor juga meningkat,” katanya.

Enny menambahkan harga pangan saat Lebaran cenderung stabil, namun berada di atas harga acuan penjualan konsumen. Artinya, upaya stabilisasi harga belum mampu memulihkan daya beli masyarakat.

“Jadi ini hanya berupa stabilisasi harga pangan yang semu,” jelasnya.

Kendati demikian, pemerintahan Jokowi-JK memiliki prestasi di sektor pertanian RI. Ini empat prestasi atau capaian Jokowi seperti dirangkum merdeka.com:

 

 

SELENGKAPNYA 

Most Popular

Recent Comments