Monday, September 27, 2021
Home INSPIRASI 5 Prinsip Investasi Reksadana yang Wajib Anda Ketahui

5 Prinsip Investasi Reksadana yang Wajib Anda Ketahui

Investasi merupakan tujuan keuangan pada masa yang akan datang. Untuk mewujudkan keadaan finansial yang lebih baik di masa depan, Anda disarankan untuk memilih investasi reksadana.

Sebelum menginvestasikan dana Anda di reksadana, sebaiknya ketahui terlebih dahulu lima prinsip investasi reksadana yang biasa disingkat SMART (Spesifik, Measurable, attainable, relevant, dan time bound). Dikutip dari kontan.co.id berikut ini adalah prinsip-prinsip investasi reksadana.

Spesifik

Sebelum melakukan investasi, sebaiknya Anda menentukan tujuan keuangan secara spesifik. Tujuan spesifik ini misalnya digunakan untuk sekolah anak, membeli rumah atau barang lainnya dan persiapan untuk dana pensiun.

Measurable

Artinya, jika sudah menentukan tujuan yang spesifik, Anda bisa menentukan nilai yang dibutuhkan pada masa yang akan datang. Misalnya saja, Anda akan membutuhkan dana untuk sekolah anak sebesar Rp 50 Juta, maka saat investasi reksadana berjalan, Anda bisa memperkirakan dan menghitungnya secara nominal.

Attainable and relevant

Prinsip yang ketiga dan keempat ini melihat apakah yang ingin Anda capai cukup realistis dan relevan jika dilihat dari kondisi keuangan. Anda juga harus memperhatikan kondisi keuangan saat ini dan di masa yang akan datang.

Time Bound

Jangka waktu merupakan hal yang penting dalam investasi reksadana. Jangka waktu ini akan berpotensi menyebabkan perubahan pada nilai tujuan keuangan karena adanya inflasi.

Selain itu, jangka waktu juga akan mempengaruhi nilai investasi yang ingin Anda penuhi. Misalnya Anda akan menyediakan dana kuliah selama 10 tahun mendatang. Untuk saat ini, dana kuliah mencapai Rp 500 Juta, asumsi untuk dana kuliah 10 tahun yang akan datang adalah dengan inflasi sebesar 10 persen per tahun.

Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 1,3 miliar untuk dana pendidikan kuliah di masa yang akan datang. Yang perlu diingat adalah berapa pun jangka waktunya, inflasi sebesar 10 persen harus Anda hitung.

 

Sumber : 5 Prinsip Investasi Reksadana yang Wajib Anda Ketahui
5 Prinsip Investasi Reksadana yang Wajib Anda Ketahui
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments