Friday, September 24, 2021
Home DIMENSI 5 Tips Sukses Berkarier untuk Mereka yang Introver

5 Tips Sukses Berkarier untuk Mereka yang Introver

Sebuah perusahaan memiliki beragam karyawan dengan bermacam-macam karakter. Karyawan yang ekstrover dan penuh percaya diri tentu tidak akan memiliki masalah dalam menapaki tangga kesuksesan karier. Namun, hal demikian tentu tidak terjadi pada karyawan yang introver, pendiam, dan cenderung tidak percaya diri.

Menurut Karen Elizaga, seorang pakar karier, mereka yang tergolong introver biasanya tidak memiliki kemampuan untuk leluasa berbincang dengan rekan kerja. Bahkan, mereka juga sulit memulai pembicaraan atau membina hubungan dengan sesama rekan kerja, tidak seperti mereka yang ekstrover.

Oleh sebab itu, Elizaga memberikan beberapa tips agar mereka yang introver juga mampu menapaki kesuksesan dalam karier. Simak lima tips yang disarankan dan bisa Anda coba berikut ini!

1. Cintai diri sendiri

“Apabila Anda mencintai diri sendiri, maka Anda dapat menciptakan kepercayaan diri yang secara langsung dapat dirasakan oleh orang lain. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda juga merupakan sosok yang hebat, dan jadikan ini sebagai kekuatan Anda saat bekerja,” ujar Elizaga, yang juga menulis buku berjudul Find Your Sweet Spot.
2. Ciptakan target kecil setiap hari
Heather Huhman, seorang pakar karier, menganjurkan Anda untuk menciptakan target yang dapat membantu Anda berinteraksi dengan orang lain dan membina hubungan baru. “Pada hari berikutnya, makan sianglah dengan tim Anda. Di sini, Anda dapat melatih komunikasi dan membangun jaringan. Semakin sering berlatih, Anda akan semakin nyaman dan percaya diri,” imbuhnya.

3. Perbaiki postur tubuh
Menurut Elizaga, percaya atau tidak, berdiri dengan postur yang tegak akan meningkatkan pandangan orang lain tentang Anda. “Bahasa tubuh memainkan peranan penting tentang pendapat orang lain terhadap diri Anda. Kepercayaan diri tumbuh dari diri Anda,” tutur Elizaga.

4. Jangan lupakan kontak mata
Elizaga menyarankan Anda untuk tidak menunduk atau memandang ke bawah hanya karena Anda tidak nyaman menatap mata orang lain. “Menunduk atau tidak memandang lawan bicara adalah tanda yang jelas bahwa Anda tidak percaya diri. Pastikan Anda memandang mata lawan bicara Anda. Jika Anda berada di dalam grup, pastikan memandang setiap lawan bicara,” kata Elizaga.

5. Jangan bandingkan diri dengan orang lain
Membandingkan diri sendiri dengan rekan kerja Anda hanya akan membunuh rasa percaya diri. “Kalau Anda berlaku demikian, Anda hanya akan mengkhawatirkan orang lain ketimbang diri sendiri. Fokus pada progres dan kesuksesan diri sendiri. Jika Anda khawatir bahwa kinerja Anda tidak seimbang dengan rekan kerja, jangan ragu ungkapkan hal itu kepada atasan,” tutur Huhman.

 

Sumber : 5 Tips Sukses Berkarier untuk Mereka yang Introver
5 Tips Sukses Berkarier untuk Mereka yang Introver
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments