Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional 590 WNI ke Suriah untuk gabung ISIS, Pemerintah Perketat Kepulangan

590 WNI ke Suriah untuk gabung ISIS, Pemerintah Perketat Kepulangan

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan ada 590 WNI yang berada di Suriah untuk bergabung ISIS. Mereka akan menjadi pejuang militan ISIS di seluruh penjuru dunia atau foreign terrorist fighters (FTF).

“Sebagai informasi jumlah FTF ada 590 WNI yang masih berada di Suriah. Sebelumnya 103 WNI tewas di Suriah. 86 orang kembali ke Indonesia. 539 orang berhasil dideportasi, dan 1 orang digagalkan berangkat ke Suriah,” ujar Moeldoko dalam diskusi ‘Pengesahan Revisi UU Antiterorisme’ di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (22/5).

Menurutnya, selain Suriah WNI juga berangkat ke Filipina untuk berjihad mendukung ISIS. Tercatat ada 57 orang yang berangkat ke Filipina.

“Total (WNI) yang ke Filipina 57 orang. 5 orang masih di Filipina, 32 orang dinyatakan tewas, 6 orang kembali ke Indonesia, 7 orang dideportasi, 7 orang digagalkan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemenhan, Brigjen TNI Muhammad Nakir mengatakan, ancaman teroris tidak hanya mengancam ideologi tapi juga segala lini kehidupan.

“Jadi selama ini kita berasumsi bahwa teroris itu hanya ancaman idelogi. Ideologi hanyalah salah satunya,” terang Nakir.

Moeldoko mengatakan, pemerintah akan memperketat kepulangan WNI dari Suriah. Hal tersebut bertujuan mengantisipasi penyebaran paham radikal yang dibawa oleh WNI dari ISIS.

Sumber : 590 WNI ke Suriah untuk gabung ISIS, Pemerintah Perketat Kepulangan
590 WNI ke Suriah untuk gabung ISIS, Pemerintah Perketat Kepulangan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments