Saturday, May 28, 2022
Home INSPIRASI 6 Fobia Yang sering dialami Remaja

6 Fobia Yang sering dialami Remaja

Remaja pada Era Globalisasi Sebenarnya mereka tidak Sadar kalau mereka sudah Terkena Fobia .Berikut Fobia Yang Telah merasuki Jiwa Remaja Era ini:

1.NOMOPHOBIA

 

NOMOPHOBIA

Hampir 50 persen populasi manusia di era globalisasi ini sudah memiliki phobia yang satu ini. Phobia ini juga dikenal dengan istilah Nomophobia.

Tepat sekali, nomophobia adalah perasaan takut atau khawatir untuk jauh-jauh dari handphone atau ponselnya. Hal tersebut bisa berupa panik ketika ponsel ketinggalan,

2. LOGIZOMECHANOPHOBIA

LOGIZOMECHANOPHOBIA

Di era globalisasi ini, komputer sudah seakan-akan menjadi kebutuhan primer setiap individu untuk menjalani kehidupannya. Tanpa adanya komputer, seolah-olah kehidupan seseorang bisa hancur dan merasa kehilangan harapan.

Namun, ternyata ada juga orang-orang yang mengalami phobia terhadap komputer. Orang-orang seperti itu adalah penderita logizomechanophobia. Para penderita ini akan merasa sangat ketakutan ketika berinteraksi dengan komputer, bahkan hanya untuk bermain game.

3.MNEMOPHOBIA

Setiap orang tentunya memiliki kenangan-kenangan di dalam hidupnya, baik kenangan indah maupun kenangan pahit. Namun, ada orang-orang yang mungkin mengalami kenangan pahit dan menanggapinya secara berlebihan. Mereka adalah para penderita mnemophobia.

Mnemophobia adalah perasaan takut secara berlebihan terhadap kenangan-kenangan di masa lalunya. Jelas, phobia ini diakibatkan oleh kenangan yang bersifat traumatis dalam hidupnya.

Berbahagia lah bagi kalian yang masih merasakan nikmatnya menjomblo sehingga tidak perlu khawatir terserang mnemophobia karena kenangan pahit bersama mantannya.

4.ANUPTAPHOBIA

Phobia yang satu ini mungkin adalah phobia yang sedikit menggelitik. Anuptaphobia adalah phobia menjadi single alias jomblo seumur hidup. Selain karena mengalami kejadian yang mengakibatkan trauma di masa lalu, karakter dan gaya hidup yang terlalu memikirkan “apa kata orang” juga menjadi salah satu faktor pendukung adanya phobia ini.

Sisi buruk phobia ini adalah di saat pihak wanita cenderung tidak selektif ketika memilih pasangan, sedangkan pihak laki-laki menjadi seenaknya berganti-ganti pasangannya

5.ACROPHOBIA

Phobia yang satu ini juga merupakan jenis phobia yang cukup sering dialami masyarakat. Acrophobia merupakan phobia atau rasa takut yang berlebihan ketika berada di tempat-tempat yang tinggi.

Istilah acrophobia ini diambil dari bahasa Yunani, yaitu Akron yang berarti puncak dan Phobos yang berarti takut. Dari penggabungan kedua istilah asing tersebut, acrophobia dapat disimpulkan sebagai rasa takut yang tidak wajar terhadap ketinggian.

Persentase penderita phobia ini diperkirakan sebesar 3-5 persen penghuni dunia ini. Selain itu, phobia ini sering kali dialami oleh wanita dibanding pria, sehingga jumlah wanita penderita acrophobia berjumlah 2 kali lebih banyak dari pria.

6.ACHLUOPHOBIA

Achluophobia adalah phobia terhadap ruangan atau lingkungan yang gelap. Penderita phobia gelap ini ternyata tidak hanya dialami oleh anak kecil saja, tak jarang banyak orang dewasa yang juga takut phobia dengan kegelapan.

Mereka yang mengidap phobia gelap ini pastinya akan sangat ketakutan jika ditinggalkan di dalam sebuah tempat yang gelap sendirian, apalagi jika tempat tersebut sangat sepi. Bahkan dalam beberapa kasus, mereka bisa sampai pingsan jika berada di tempat gelap dan sepi tersebut.

Sumber : 6 Fobia Yang sering dialami Remaja
6 Fobia Yang sering dialami Remaja
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments