Thursday, September 16, 2021
Home Nasional “A New Way of Banking” dari Bank Commonwealth Berikan Layanan Mudah dan...

“A New Way of Banking” dari Bank Commonwealth Berikan Layanan Mudah dan Cepat

Menurut survei nasional literasi dan inkluasi keuangan OJK tahun 2016, indeks literasi keuangan di Indonesia berada di 29,66 persen. Sedangkan indeks inklusi keuangan di angka 67,82 persen. Kedua indeks ini telah mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Namun demikian, masih terdapat beberapa faktor penghambat bagi masyarakat luas untuk dapat mengakses layanan dan fasilitas perbankan.

Permasalahan yang sering dikeluhkan yaitu proses on boarding yang cukup memakan waktu. Berdasarkan hasil survei MRI 2016-2017 (Banking Service Excellence), seorang nasabah memerlukan waktu minimal satu jam untuk membuka rekening bank. Dari mulai mengisi formulir, fotokopi data pribadi berupa KTP dan NPWP, menunggu percetakan kartu ATM, aktivasi IB dan MB hingga mendengarkan informasi penawaran produk serta layanan.

Ditambah lagi, di kota-kota besar seperti Jakarta, waktu tempuh ke lokasi bank pun sangat lama. Untuk jarak 5 km, diperlukan minimal satu jam untuk mencapai tujuan (sumber: Badan Pusat Statistik/ BPS 2015).

Selanjutnya, begitu sampai di bank, nasabah harus mengisi sejumlah formulir yang cukup banyak dan panjang. Padahal apabila ada 740 ribu rekening yang dibuka setiap bulan (sumber rilis LPS 2 Maret 2017), minimal 1.480.000 formulir yang harus dipersiapkan. Itu berarti ada ribuan pohon yang harus ditebang setiap bulan untuk kebutuhan formulir, tepatnya 2960 pohon.

“Pembukaan rekening dari masalah perbankan itu adalah yang paling lama. Dan, biasanya bisa 30 menit, satu jam hingga dua jam. Dan itu belum terhitung dari ngantrinya ya. Dan, belum perjalanan di bank itu sendiri. Biasanya formulir itu berlembar-lembar terus tulisannya kecil-kecil gitu ya. Dan, semua itu menjadi kendala,” terang Head of Corporate Strategy and Digital Solutions, Ibu Rian Kaslan kepada Jitunews.com, di kawasan Bintaro, Tangerang, Kamis (28/07) siang.

Melihat fakta dan data di atas, lanjut Ibu Rian, Bank Commonwealth menghadirkan a new way of banking yang bisa memberikan layanan yang mudah, cepat, aman, paperless serta bisa diakses di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh nasabah.

“Misalnya orang lagi belanja bulanan, lokasi-lokasi di supermarket. Tempat-tempat orang-orang yang melakukan kegiatan sehari-hari. Jadi bukan nasabah yang harus dating,” sambung Ibu Rian.

Menurut Ibu Rian, a new way of banking merupakan perkembangan teknologi yang bertujuan untuk memberikan layanan perbankanyang end-to-end atau menyeluruh. Dengan perkembangan teknologi, Bank Commonwealth mampu menghadirkan kemudahan bertransaksi dengan akses secara luas kepada masyarakat.

“Bagaimana memudahkan akses kepada masyarakat Indonesia dan bagaimana membuka rekening bank. Kalau kami strateginya cukup berbeda. Yang kita kedepankan adalah efisiensi serta betapa kecilnya mesin kita. Mesin kita itu tadi nggak segede ATM biasanya ya. Paling hanya ¾ dari ukuran ATM pada umumnya,” tandasnya.

 

 

Sumber : “A New Way of Banking” dari Bank Commonwealth Berikan Layanan Mudah dan Cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments