Abu Vulkanik Sinabung, Warga Butuh Masker dan Air Bersih

0
346

Erupsi dan awan panas yang dilontarkan Gunung Sinabung pada hari Rabu, tanggal 2 Agustus 2017 mengakibatkan Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berselimut abu vulkanik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan selalu mematuhi arahan petugas evakuasi.

“Ribuan penduduk terdampak langsung letusan abu vulkanik Sinabung,” kata Sutopo, dalam keterangan persnya, Rabu (2/8).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo bersama TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan sejumlah relawan melakukan evakuasi warga masyarakat. Warga diimbau untuk tidak mendekati zona berbahaya alias zona merah.

Selain itu, Sutopo juga mengingatkan warga yang tinggal di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk berhati-hati terhadap ancaman lahar.

“Karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol bila tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan banjir bandang ke bagian hilir,” kata Sutopo lagi.

Sutopo sekali lagi meminta warga masyarakat untuk waspada lantaran pihaknya belum bisa memprediksi kapan erupsi akan terjadi lagi.

Akibat kondisi udara dan lingkungan yang kurang kondusif, kini masyarakat membutuhkan bantuan masker dan air bersih.

“Hujan abu erupsi Gunung Sinabung menyebar ke beberapa daerah di sekitar Sinabung. Masyarakat memerlukan bantuan masker dan air,” kata Sutopo melalui akun Twitternya, @Sutopo_BNPB, seperti dikutip Jitunews.com, Kamis (3/8).

Awan panas Gunung Sinabung meluncur sejauh 4,5 km ke arah tenggara-timur dengan suhu mencapai 600 derajat celcius. Abu membumbung setinggi 4,2 km.

 

Sumber : Abu Vulkanik Sinabung, Warga Butuh Masker dan Air Bersih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here