Ada di Urutan Pertama Hasil Survei, Jokowi Diminta Kebut Realisasikan Janji Kampanye

0
53

Lembaga Organisasi Kesejahteraan Rakyat (ORKESTRA) menyampaikan hasil survei mengenai Pemilu Presiden 2019. Joko Widodo berada di urutan teratas dengan elektabilitas 24,38 persen, sedangkan Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan 21,09 persen.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menduduki peringkat ketiga dengan elektabilitas 2,8 persen. Putra dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono berada di urutan keempat 2,31 persen. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ada di urutan kelima dengan 2,14 persen.

Ketua Umum ORKESTRA, Poempida Hidayatullah menyebut Jokowi bisa menang periode kedua apabila mampu merealisasi janji kampanyenya dan mempertahankan ritme sekarang ini.

“Kalau kita lihat di margin of errornya 3 persen, hampir sama dengan Pak Prabowo. Memang tipis sekali bedanya dan di sini muncul lumayan fresh juga nama-nama baru,” ujar Poempida di Jalan Gereja Theresia, Jakarta Pusat, Minggu (3/12).

Direktur Eksekutif Polcomm Institute, Heri Budianto, mengatakan hal ini menjadi peringatan bagi Jokowi jika ada poin yang tidak sesuai dengan janji kampanye.

“Ini jadi warning bagi Jokowi bahwa ada poin tidak sesuai dengan janji kampanye. Hal itu harus segera direalisasikan di sisa jabatan dua tahun mendatang. Isu ini bisa jadi hangat dan panas, ditambah dengan pertarungan media sosial lebih dahsyat,” ujar Heri di kesempatan yang sama.

“Keberhasilan Jokowi adalah ketika publik melihat dan merasakan adanya infrastruktur. Barang ini bisa dijual dengan harga yang dahsyat. Soeharto bangun infrastruktur dengan 32 tahun, Jokowi bangun infrastruktur dengan tiga tahun. Kalau jualan infrastruktur dijadikan barang, maka ini menjadi barang yang bagus untuk Jokowi di 2019,” katanya.

Survei yang digelar pada 6-20 November dan melibatkan 1.300 responden dari 34 provinsi seluruh Indonesia ini menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error +/- 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

 

 

Sumber : Ada di Urutan Pertama Hasil Survei, Jokowi Diminta Kebut Realisasikan Janji Kampanye
Ada di Urutan Pertama Hasil Survei, Jokowi Diminta Kebut Realisasikan Janji Kampanye
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here