Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Agar Bisa Terus Beroperasi, Angkutan Online Juga Harus Lakukan Uji KIR

Agar Bisa Terus Beroperasi, Angkutan Online Juga Harus Lakukan Uji KIR

TEGAL, JITUNEWS.COM – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengimbau para pemilik jasa transportasi daring (online) untuk melakukan pemeriksaan berkala (uji KIR) terhadap armada-armadanya. Pasalnya, uji KIR tersebut merupakan salah satu persyaratan keselamatan bagi masyarakat.

“Uji KIR itu dasar keselamatan untuk masyarakat. Tidak mungkin kita membiarkan mereka mengoperasikan kendaraan tanpa memperhatikan keselamatan,” kata Budi, usai memimpin Apel Taruna dan Taruni di Kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Tegal, Minggu (6/8).

Budi menegaskan pihaknya tidak akan mengizinkan pengelola untuk mengoperasikan angkutan daring yang belum melakukan uji KIR.

 

Ia juga menegaskan bahwa tempat untuk melakukan uji KIR saat ini sudah semakin mudah ditemui sehingga tidak ada alasan bagi para pengelola jasa transportasi umum untuk mangkir dari kewajiban memeriksakan armadanya.

Di Jakarta sendiri, selain di tempat pengujian milik Pemerintah, pemilik kendaraan juga dapat melakukan uji KIR di bengkel-bengkel agen pemegang merek (APM) yang telah ditunjuk.

“Di Jakarta sudah ada (tempat uji KIR) di Pemda, operator ada Hiba, perkumpulan pemegang merek, dan operator dari taksi sudah melakukan sendiri. Jadi, tidak ada alasan bagi angkutan umum untuk tidak uji KIR,” katanya lagi.

Sementara itu, terkait dengan uji KIR swasta, Budi mengatakan pihaknya akan mengirim surat ke pihak Dinas Perhubungan di seluruh daerah untuk mulai bekerja sama dengan bengkel-bengkel swasta yang ada.

Sumber : Agar Bisa Terus Beroperasi, Angkutan Online Juga Harus Lakukan Uji KIR
Agar Bisa Terus Beroperasi, Angkutan Online Juga Harus Lakukan Uji KIR
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments