Tuesday, July 27, 2021
Home Jitu News Agar Dirasakan Manfaatnya ke Petani Kecil, Subsidi Pupuk Diganti BLT Saja

Agar Dirasakan Manfaatnya ke Petani Kecil, Subsidi Pupuk Diganti BLT Saja

Pengamat Pertanian dari IPB, Andreas Santoso berharap pemerintah mengubah pola bantuan terhadap petani dari pemberian subsidi pupuk menjadi bantuan langsung tunai kepada petani kecil. Hal itu dilakukan juga untuk memberikan rasa keadilan terhadap petani kecil.

Andreas mengatakan, saat ini pola subsidi pupuk justru dinikmati oleh petani besar dan malah tidak memberikan manfaat banyak kepada petani yang memiliki lahan kecil.

“Subsidi pupuk harus diubah, harus masuk ke petani yang memang membutuhkan,” ujar Andreas kepada Jitunews.com, Senin (3/4).

Untuk diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2017 ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 31,33 triliun untuk program subsidi pupuk bagi petani.

Saat ini, kata Andreas, dari seluruh penduduk miskin yang ada di Indonesia, sebanyak 63 persen adalah dari profesi sebagai petani, sedangkan sisanya penduduk miskin kota.

Bila anggaran Subsidi pupuk maupun anggaran bantuan alsintan lainnya bisa diberikan kepada petani miskin, maka per keluarga petani kecil tersebut malah bisa mendapatkan Rp 5 juta per tahunnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56157/agar-dirasakan-manfaatnya-ke-petani-kecil-subsidi-pupuk-diganti-blt-saja#ixzz4dFs1r0Is

Most Popular

Recent Comments