Tuesday, October 19, 2021
Home DKI Jakarta Agar Valuasi Pertamina Capai USD 100 Miliar di 2024, Begini Gagasan Erick...

Agar Valuasi Pertamina Capai USD 100 Miliar di 2024, Begini Gagasan Erick Thohir

Harmoninedia – Menteri BUMN Erick Thohir  menceritakan cara Pertamina agar dapat mencapai target valuasi sebesar 100 miliar dolar AS. Menurut Erick Thohir, penting untuk menjaga fondasi kinerja agar pada tahun 2024, Pertamina mencapai target ratusan miliar dolar.

Caranya dengan Pertamina memiliki penjualan 92 miliar dolar AS dan keuntungan di 8 miliar dolar AS.

“Ini juga kita akan pastikan  subholding-subholding Pertamina ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi Pertamina menuju target valuasi 100 miliar dolar AS, karena memang Pertamina sendiri sudah masuk 500 perusahaan global terbesar. Jadi tidak ada istilah turun, tapi harus terus naik,” ujar Erick Thohir dalam peresmian pabrik industri baja Krakatau Steel (persero) Tbk secara virtual di Jakarta, Selasa (21/9).

Dia menuturkan performa subholding  Pertamina akan luar biasa jika masing-masing fokus menjadi ekspertise yang terbaik.

Erick Thohir juga menambahkan di hulu ada potensi temuan baru gas dan minyak yakni 204 juta barel. Hal ini merupakan kabar menggembirakan di kala terus menurunnya produksi nasional. Di hulu juga pada kuartal II tahun ini mencatatkan keuntungan 1 miliar dolar AS.

“Selama ini juga kilang dan petrochemical yang menjadi beban, kemarin juga sudah meraih keuntungan 280 juta dolar AS,” ujar Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir ingin Pertamina mampu mencapai target menjadi korporasi dengan nilai pasar 100 miliar dolar AS setelah pembentukan enam subholding  BUMN migas tersebut.

Menteri BUMN menambahkan Presiden berharap Pertamina terus meningkatkan pelayanan publik, tetapi yang terpenting adalah membangun ekosistem supaya Pertamina bisa bersaing dan mendorong  value added.

Ia juga mengingatkan agar lompatan-lompatan yang sudah berjalan saat ini, tetap terjaga dan sesuai dengan 5 Key Performance Indicator di Kementerian BUMN, yakni menyeimbangkan antara korporasi dan pelayanan publik, kembali kepada core business dan menjadi excellent, inovasi digital dan R&D untuk menjadikan Pertamina  technology company, dan transformasi human capital.

Erick Thohir menyampaikan bahwa selama delapan bulan ini Kementerian BUMN terus melakukan transformasi BUMN yang termasuk dalam 88 proyek strategis BUMN hingga tahun 2023 yang telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

red

Most Popular

Recent Comments