Sunday, November 28, 2021
Home Nasional Agus Hermanto: Tidak Persoalkan Keterlibatan Swasta dalam Pemindahan Ibu Kota Negara

Agus Hermanto: Tidak Persoalkan Keterlibatan Swasta dalam Pemindahan Ibu Kota Negara

Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto mengatakan pemerintah harus menjadi pengendali utama, meski nantinya ada pihak swasta yang dilibatkan dalam rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke kota lain.

“Bisa saja swasta berpartisipasi tapi yang sebagai kendali utama harus pemerintah. Pembangunan infrastruktur perlu dan penting tapi pembangunan jangan fokus APBN, bisa saja dengan BUMN, swasta, atau kerjasama dengan luar negeri yang menguntungkan.” ujarnya di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (7/7).

Kendati demikian, Politisi Partai Demokrat ini menilai wacana pemindahan ibu kota negara belum tepat untuk dilaksanakan pasalnya kondisi perekonomian Indonesia yang belum mapan.

“Sekarang utang makin banyak, selama 2 tahun pemerintahan Jokowi utangnya sama dengan 10 tahun SBY, ini menunjukkan kita belum mapan ekonomi,” tuturnya.

Selain itu daya beli masyarakat menengah kebawah juga masih rendah, sehingga apabila wacana pemindahan ibu kota negara tetap dilaksanakan maka dikhawatirkan masyarakat tidak dapat mengkonsumsi produk dan jasa dalam negeri.

“Akibatnya industri bangkrut, lalu muncul PHK. ini akan makin terpuruk,” kata Agus.

Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata

Sumber : Agus Hermanto: Tidak Persoalkan Keterlibatan Swasta dalam Pemindahan Ibu Kota Negara
Agus Hermanto: Tidak Persoalkan Keterlibatan Swasta dalam Pemindahan Ibu Kota Negara
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments