Monday, September 27, 2021
Home Jitu News Agus Yudhoyono Singgung Kerasnya Pertarungan Pilkada DKI

Agus Yudhoyono Singgung Kerasnya Pertarungan Pilkada DKI

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima penghargaan Democracy Award dari Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (29/7/2017) di otel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Dalam orasi budayanya, putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu sempat menyinggung perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta beberapa bulan lalu. Menurutnya, Pilgub DKI Jakarta telah menimbulkan berbagai wacana yang seolah-olah mengarah kepada perpecahan bangsa.

“Sebuah kompetisi atau kontestasi pemilihan gubernur kemudian seolah bangsa Indonesia terpecah belah,” kata Agus.

Fenomena itu, kata Agus bahkan menimbulkan persepsi yang keliru tentang Pancasila. Seolah-olah pertarungan Pilkada Jakarta adalah arena pertarungan kelompok yang pro-pancasila dan pro-Islam.

“Menyedihkan ketika seseorang atau kelompok dilaporkan pro bhinneka hanya karena memasang spanduk berslogan ‘Aku Pancasila’, ‘Aku Merah-Putih’, ‘Aku NKRI’, atau ‘Aku Bhinneka’, kemudian mereka dianggap tidak Islami. Sebaliknya seseorang atau suatu kelompok dicap sebagai anti-Pancasila, anti-kebhinnekaan karena mereka turun ke jalan bersuara lantang mencari keadilan,” ucapnya.

Hal-hal serupa, menurut Agus, seharusnya tidak perlu terjadi. Baginya, agama mana pun di Indonesia selalu kompatibel dengan Pancasila. Oleh karena itu maka, tak perlu ada benturan yang tajam antara Pancasila dan agama tertentu.

“Sebagai salah satu kandidat (saat Pilgub) saya merasakan betul kerasnya kompetisi pilkada DKI yang lalu. Dan saya titipkan pesan kepada pemimpin baru Jakarta untuk mengambil langkah terbaik demi terwujudnya rekonsiliasi,” imbuhnya.

 

Sumber : Agus Yudhoyono Singgung Kerasnya Pertarungan Pilkada DKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments