Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Ahok ‘Dibela’ Sejumlah Negara Asing, Alumni 212 Bereaksi

Ahok ‘Dibela’ Sejumlah Negara Asing, Alumni 212 Bereaksi

Ketua Presidium Alumni 212, Ansufri Idrus Sambo, berencana akan melakukan unjuk rasa besar-besaran di Kedutaan Besar negara-negara yang dinilainya telah ‘ikut campur’ atas kasus penodaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pasalnya kata Sambo, apa yang negara-negara Asing itu suarakan sudah kelewat batas.

“Sebab, yang mereka suarakan itu bisa dibilang mengintervensi hukum di negara kita,” kata Sambo di Jakarta, Minggu (14/5).

Lebih jauh, Sambo berharap negara-negara asing itu berhenti mencampuri kedaulatan hukum di Indonesia.

“Kita juga tidak akan ikut campur urusan dalam negeri bangsa lain kan, dan kalau ini masih terus berlanjut, sebagai bangsa yang berdaulat tidak akan tinggal diam,” tegasnya.

Diwartakan sebelumnya, sejumlah organisasi internasional menyampaikan keprihatinannya atas kondisi HAM di Indonesia pasca-vonis dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diputuskan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5) lalu.

Dewan HAM PBB misalnya, menyerukan kepada Indonesia untuk mengkaji ulang pasal penistaan agama yang ada dalam UU Hukum Pidana. Tak hanya itu, Amnesti Internasional juga menyatakan bahwa putusan itu bisa merusak reputasi Indonesia yang selama ini dikenal sebagai negara toleran.

Kemudian, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) bahkan secara tegas menyatakan meskipun “menghormati institusi demokrasi Indonesia, mereka menentang UU penistaan agama dimana pun karena membahayakan kebebasan fundamental termasuk kebebasan beragama dan mengemukakan pendapat.

Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Indonesia juga menyerukan pada pemerintah dan rakyat Indonesia untuk tetap mempertahankan tradisi toleransi dan pluralisme yang selama ini dikagumi dunia.

Tak berhenti di situ, ASEAN Parliamentarians for Human Rights (APHR), juga menyatakan bahwa putusan hakim atas Ahok itu bisa membuat posisi Indonesia sebagai pemimpin di kawasan “berada dalam bahaya dan meningkatkan keprihatinan tentang masa depan Indonesia sebagai masyarakat yang terbuka, toleran dan beragam.”

Di kesempatan berbeda, pihak Kementerian Luar Negeri RI, menilai, perhatian yang diberikan sejumlah negara-negara asing terhadap kasus Ahok bukanlah sebagai suatu tekanan terhadap Indonesia.

“Saya tidak melihat tekanan ya, kalau kita lihat Uni Eropa mereka menghormati proses hukum yang saat ini berlangsung dan mendorong kita menjaga keharmonisan toleransi di Indonesia. Mereka mencatat langkah hukum dan tidak minta adanya intervensi hukum,” tukas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, seperti dilansir Antara, beberapa waktu lalu.

@jitunews http://jitunews.com/read/58674/ahok-lsquo-dibela-rsquo-sejumlah-negara-asing-alumni-212-bereaksi#ixzz4h8CMIodT

Sumber : Ahok ‘Dibela’ Sejumlah Negara Asing, Alumni 212 Bereaksi
Ahok ‘Dibela’ Sejumlah Negara Asing, Alumni 212 Bereaksi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments