AHY Berkisah Ketika Rudal Korut Lewat di Atasnya Saat Berada di Jepang

0
82

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono, menceritakan pengalamannya berada di Tokyo, saat rudal uji coba Korea Utara (Korut) lewat dalam perjalanannya menuju Laut Pasifik.

Saat itu, dirinya mengaku baru saja bangun tidur di hotel dan kemudian melihat media banyak memberitakan bahwa baru saja ada rudal yang mengangkut bom hidrogen melintas di langit Jepang.

“Waktu itu ada bom hidrogen berbobot 100 kiloton Korea Utara saya sedang berada di Tokyo. Bangun tidur saya di hotel lalu ada banyak berita dan juga warga sekitar membicarakan barusan ada rudal yang lewat,” kata Agus saat membuka roundtable discussion di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (20/9).

 

Tidak beda jauh dengan apa yang dirasakan warga lokal, Agus pun mengaku turut merasa khawatir dengan apa yang dilakukan Pemerintah Korut tersebut.

“Hal itu membuat media massa di Jepang khawatir. Saya merasakan itu juga ketika pagi hari di hotel. Apalagi uji coba juga dilakukan berkali-kali,” katanya lagi.

Ketegangan di Semenanjung Korea merupakan salah satu topik yang dibahas dalam acara diskusi tersebut. Agus pun menyebut Amerika Serikat (AS) sudah memberikan reaksi terhadap aksi tersebut, dengan ancaman akan menghancurkan negara yang beribukota Pyongyang tersebut tanpa sisa, namun pihak Korut pada kenyataannya tidak ambil pusing dan tetap merasa percaya diri.

“Fakta bahwa Korea Utara hari ini memiliki kemampuan nuklir dan delivery system yang mampu menjangkau AS dalam waktu dekat,” katanya lagi.

Sumber : AHY Berkisah Ketika Rudal Korut Lewat di Atasnya Saat Berada di Jepang
AHY Berkisah Ketika Rudal Korut Lewat di Atasnya Saat Berada di Jepang
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here