Aksi Dadakan Jokowi dan Respons Cepat Paspampres

0
49

Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres selalu melekat dalam kegiatan Presiden Jokowi. Di mana saja dan ke mana saja, pengamanan VVIP selalu dilakukan.

Dalam beberapa momen, Presiden Jokowi melakukan kegiatan spontanitas di luar protokoler. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga pernah di luar negeri. Berikut ceritanya:1 dari 4 halaman

Jokowi Disopiri Putra Mahkota Uni Emirate Arab

Presiden Jokowi pernah menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Uni Emirat Arab. Saat itu Jokowi mendapat sambutan yang istimewa. Jokowi disopiri langsung oleh Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammad bin Zayed al-Nahyan.

Jokowi dan Sheikh Mohammad berada dalam satu mobil dan tanpa pengawalan. Jokowi mengatakan awalnya ada seorang anggota Paspampres yang ingin ikut naik mobil. Namun, Paspamres itu tak diperbolehkan naik. Apalagi, Sheikh Mohammad juga tak dikawal.

“Jadi, saya hanya berdua dengan Sheikh Mohammed, orang paling kaya di dunia,” ucap Jokowi.2 dari 4 halaman

Saat Jokowi Bagi-Bagi Bingkisan

Paspampres yang mengawal Jokowi saat berkunjung ke Tasikmalaya dibuat kewalahan. Tiba-tiba Jokowi membuka kaca mobil dan memberikan bingkisan untuk warga tak mampu yang menunggu di sana.

Aksi Jokowi ini terekam dan diunggah ke akun Instagram @yunanamrulloh. “Bantuan PRESIDEN RI Bpk. @jokowi kepada Tukang Becak dan warga yang kurang mampu di pinggir jalan. Mantap!”

Paspampres satu persatu keluar dari kendaraan masing-masing dan mulai sibuk membagi-bagikan bingkisan. Mereka juga tampak berlarian menuju mobil presiden untuk menjaga agar Jokowi tetap aman.3 dari 4 halaman

Jokowi Berlari Saat Hujan Deras

Aksi Jokowi yang membuat para Paspamres gerak cepat juga terjadi saat kunjungan kerja membagikan sertifikat tanah warga di Samosir, Sumatera Utara, 30 Juli 2019. Saat itu memang sedang hujan deras.

Saat hujan mengguyur, Jokowi sulit menuju tenda tempat pembagian sertifikat. Namun tiba-tiba, ia menerobos hujan hanya dengan sebuah payung dan setengah berlari. Pasukan Paspampres langsung menyusul Jokowi, karena warga mulai menggerubungi.4 dari 4 halaman

Jokowi Blusukan Malam Hari

Presiden Jokowi pernah berkunjung ke kampung nelayan di Tambak Lorok, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/2) pukul 21.00 WIB. Rencana itu dadakan. Malam hari Jokowi mengunjungi tempat itu tanpa pengawalan ketat seperti biasanya.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menceritakan peristiwa blusukan dadakan Presiden Jokowi pada malam hari. “Saya pengamannya sekalian nyopir. Nggak mungkin saya lepas juga lah,” kata Maruli.

Ia menegaskan, dirinya tak berjarak dengan Jokowi selama di Tambak Lorok. Menurut pengakuannya, warga tidak ada yang mengenalinya sebagai Komandan Paspampres.

Sumber : Merdeka.com