Aman Berkendara, Kenali Tekanan Ban Ideal

0
183

Ban adalah salah satu komponen vital yang ada pada kendaraan. Maka perlu adanya perawatan untuk tetap menjaga kestabilannya hal utama yang diperhatikan yaitu tekanan ban (trail pressure). Dimana tekanan ban ideal ini mempengaruhi perfoma dan akselerasi berkendaraan.

Gesekan aspal maupun cuaca yang tak menentu menjadi pemicu kondisi ban karena jika tekanan ban tak sesuai standar dapat menyebabkan konsumsi bbm boros, menurunkan kapasitas angkut beban kendaraan dan juga rusaknya dinding samping (side wall) kendaraan. Otomatis keamanan Anda dalam berkendara perlu dipertanyakan? Lalu bagaimana menjaga ban agar stabil ? Let’s do it terapkan trik ini :

Periksa tekanan ban minimal seminggu sekali

Pemeriksaan secara berkala diperlukan apalagi jika kendaraan akan digunakan menempuh perjalanan jauh.

Gunakan alat pengukur

Dengan alat tire pressure Anda bisa mengetahui tekanan ban apakah masih dalam keadaan standar atau tidaknya. Ukuran psi tekanan ban dapat dilihat pada pintu mobil atau direct kendaraan Anda.

Isi tekanan angin dengan melebihkan sebanyak 1 psi

Dalam melakukan pengisian usahakan untuk melebihkan tekanan angin sebanyak 1 psi. Karena hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan 1 psi setelah selang angin di cabut.

Isi tekanan angin pada saat kondisi ban dingin

Ada baiknya ketika anda melakukan pengisian angin ketika kondisi ban masih dingin. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan ban akan meningkat saat suhu ban dalam kondisi panas. Oleh karena itu diamkan dulu beberapa saat untuk melakukan pemompaan serta pemeriksaan tekanan ban. Alternatifnya anda bisa menggunakan nitrogen untuk kendaraan Anda karena tekanan nitrogen lebih stabil sehingga membuat kemungkinan kebocoran ban lebih sedikit dan tanpa melakukan pemompaan terlalu sering.

Nah, trik ini cukup untuk menambah pengetahuan anda, bukan? Intinya yang perlu diperhatikan adalah besarnya tekanan ban itu tergantung pada jenis dan tipe ban yang Anda gunakan.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak video dibawah ini yang diunggah Chevrolet Indonesia pada awal tahun 2016.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Sumber : Aman Berkendara, Kenali Tekanan Ban Ideal
Aman Berkendara, Kenali Tekanan Ban Ideal
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here