Sunday, August 1, 2021
Home Nasional Anggota Dewan Dapat THR, PA 212 Sebut Suap Terselubung

Anggota Dewan Dapat THR, PA 212 Sebut Suap Terselubung

Anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni (PA) 212, Eggi Sudjana melontarkan kritikan terhadap kebijakan pemerintah yang akan memberikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 kepada pejabat negara, salah satunya anggota DPR.

Eggi menyebut hal itu sebagai bentuk suap terselubung.

“Menurut saya itu bentuk suap terselubung,” kata Eggi di Aula Sarbini, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (29/5).

Ia menyarankan agar DPR menolak pemberian THR dan gaji ke-13 tersebut.

Menurutnya, kebijakan tersebut adalah wewenang yang diselewengkan oleh Menteri Keuangan.

“Kalau DPR menerima itulah orang-orang yang mudah disuap, kalau orang-orang yang punya integritas saya ingatkan kepada anggota DPR jangan terima karena itu bukan kepentingan kalian, Menteri Keuangan itu dengan kewenangannya diselewengkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat bisa menggugat kebijakan itu. Menurutnya, kebijakan tersebut melanggar ketentuan hukum pidana di Indonesia.

“Bisa kita gugat dengan satu tuntutan hukum pidana pasal 421, dia memerintahkan sesuatu.Kemudian membiarkan sesuatu, itu dipidana 2 tahun 8 bulan,” katanya.

Ia menduga ada kepentingan politik dibalik kebijakan tersebut.

“Saya yakin dengan logika politik yang ada kalau bukan menjelang untuk tahun politik pemilihan presiden nggak mungkin ada THR. Karena THR cuma sekarang ini terakhir, kalau konteksnya menjelang Idul Fitri, karena pilpres itu April, jadi nggak mungkin lagi ada THR. Jadi sekaranglah disuapnya, jadi saya kira perbuatan yang tidak terpuji, termasuk tercela,” tuturnya.

Diketahui, Kemenkeu akan memberikan THR dan gaji ke-13 kepada pejabat negara.

Berdasarkan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat negara yang dimaksud adalah Presiden dan Wakil Presiden, jajaran Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Menteri dan jabatan setingkat menteri, Duta Besar dan lainnya sesuai yang ditentukan Undang-undang (UU).

Sumber : Anggota Dewan Dapat THR, PA 212 Sebut Suap Terselubung
Anggota Dewan Dapat THR, PA 212 Sebut Suap Terselubung
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments