Monday, January 17, 2022
Home Dunia Angkatan Laut AS Rilis Upgrade 'Supertorpedo' Tak Terdeteksi Radar

Angkatan Laut AS Rilis Upgrade ‘Supertorpedo’ Tak Terdeteksi Radar

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berencana meng-upgrade torpedo kapal selam tua mereka secara besar-besaran. Peningkatan kapabilitas ini akan meliputi daya tempuh yang lebih jauh dan kapabilitas sembunyi (stealth) dari radar musuh.

Pengembangan tersebut akan meningkatkan daya gempur kapal selam AS dan kapal militer permukaan berukuran kecil yang beroperasi di perairan dangkal. Torpedo ini adalah jenis senjata berat (heavyweight) yang diluncurkan di bawah air.

Mk48 adalah nama baru torpedo yang di-upgrade tersebut, yang memiliki fitur seperti sonar, stealth dan sistem kendali yang lebihn canggih. Pengembang senjata Angkatan Laut AS saat ini sedang mencari jenis teknologi yang dibutuhkan seperti sistem pengembangan jarak tempuh yang lebih jauh dan daya ledak yang lebih mematikan.

“Torpedo Mk 48 ADCAP (advanced capability/kemampuan yang ditingkatkan) ini adalah torpedo acoustichoming kelas berat dengan sonar canggih, sistem kendali dan pemandu yang keseluruhannya digital, pengembangan sistem fusi digital dan pengembangan propulsi,”papar William Couch, Juru bicara Naval Sea Systems Command pada Warrior Maven dikutip Dailyamail (26/06).

Torpedo ini ditargetkan siap beroperasi setelah tahun 2024 nanti. Kemampuan Mk48 ini akan dikendalikan melalui sistem kendali dan pemandu radikal yang memungkinkan senjata ini mampu diluncurkan di perairan dangkal dan sangat dangkal atau perairan litoral, terlebih jika diluncurkan di perairan dalam. Selain itu, torpedo ini juga akan mampu bereaksi secara lebih cepat.

 

 

Sumber : AKURAT.CO

Most Popular

Recent Comments