Monday, August 2, 2021
Home Nasional Antisipasi Banjir, Kementan Siapkan Solusi Permanen

Antisipasi Banjir, Kementan Siapkan Solusi Permanen

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan upaya untuk mengantisipasi banjir yang dapat mengancam terwujudnya swasembada pangan, melalui manajemen tata kelola infrastruktur pertanian. Antisipasi banjir ini menggandeng kementerian dan lembaga terkait.

“Manajemen Tata Kelola Infrastruktur Pertanian itu terdiri atas Tata Kelola Lahan, Tata Kelola Air dan Tata Kelola Informatika. Ketika berbicara tata kelola air maka itu tidak hanya berbicara cari air, panen air dan distribusinya saja tetapi juga bagaimana mengatasi fenomena yang muncul akibat kelebihan atau berlimpahnya air” demikian kata Ani Andayani, SAM Bidang Infrastruktur Pertanian, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Kamis, (9/3).

Ani mencontohkan kejadian banjir pada lahan sawah di wilayah Kabupaten Cirebon, yang selalu terjadi hampir setiap tahun, mempunyai penyebaran areal terdampak yang cukup luas, yaitu mencapai 3.000 ha lebih pada tahun 2017 atau setara dengan kehilangan produksi sebesar 200.000 ton per tahun.

“Selain faktor anomali iklim, alih fungsi lahan di daerah hulu dan posisi topografisnya yang terletak pada daerah yang rendah. Dipilihnya Cirebon untuk analisis karena produksi padi Cirebon menyumbang 20% lebih pasokan beras di pasar induk Cipinang, kemudian adanya kerusakan pintu air dan sedimentasi yang terjadi di muara dan sepanjang sungai juga merupakan faktor penyebab terjadinya banjir,” demikian kata Ani.

Ani menilai penanganan banjir yang dilakukan sampai saat ini masih dilakukan secara sektoral, ad hoc, parsial dan bersifat sesaat berdasarkan tugas pokok fungsi dari masing-masing instansi sehingga kinerja pengelolaan banjir tidak bisa optimal. Upaya penanganan banjir ini harus dilakukan secara holistik dan sinergis dari seluruh instansi meskipun mungkin harus lintas wilayah administrasi terkait aliran air dari hulu sampai hilir.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54580/antisipasi-banjir-kementan-siapkan-solusi-permanen#ixzz4atTT948x

Most Popular

Recent Comments