Monday, October 25, 2021
Home Nasional Apa Kabar Betawi?

Apa Kabar Betawi?

Selamat ulang tahun ke-490 kota Jakarta. Kota besar yang menjadi ibu kota negara Indonesia ini memang memiliki penduduk yang beragam karena para perantau dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul mengadu nasib di Jakarta.

Penduduk asli Jakarta atau suku Betawi memiliki keanekaragaman budaya. Mulai dari bahasa, adat pernikahan, sampai kesenian.

Bahkan sekarang ini banyak stasiun televisi di Indonesia yang mengangkat budaya Betawi ke dalam layar kaca. Entah itu dibalut dengan cerita-cerita fiksi seperti sinetron atau memang dibuatkan program khusus untuk keseniannya.

Dari televisi lah masyarakat luas ikut menikmati dan mengetahui budaya Betawi. Contohnya, acara lenong yang pernah disiarkan salah satu stasiun televisi. Lenong sendiri adalah salah satu teater atau sandiwara rakyat yang berisi lawakan-lawakan menghibur.

Awal mulanya, pertunjukan lenong seperti mengamen dari kampung ke kampung. Pertunjukan diadakan terbuka tanpa panggung, kemudian salah satu pemainnya berputar-putar meminta sumbangan dari para penonton. Baru pada awal kemerdekaan, lenong dipertunjukkan di atas panggung bahkan sampai ditayangkan di televisi.

Selain lenong, televisi juga sering mempertontonkan budaya Betawi lainnya dalam balutan sinetron atau film pendek. Seperti adat pernikahan yang ditampilkan oleh pemeran dengan budayanya yang kental. Dari pakaian pengantin, tradisi palang pintu, ada roti buaya juga, bahkan sampai ondel-ondel dan Tanjidor yang ikut mengiringi.

Bahasa maupun logat yang digunakan juga sangat kental dengan Betawi. Bisa dilihat bahwa banyak orang yang mencintai budaya Betawi, bahkan para pemerannya pun juga tidak semua asli orang Betawi.

Seiring perkembangan zaman, budaya Betawi tidak hilang. Masih banyak yang melestarikannya dengan cara modern. Meskipun sekarang ini budaya Barat sudah masuk ke Indonesia, tapi Indonesia tetaplah Indonesia. Budaya Indonesia tidak akan luntur, bahkan warga asing yang datang ke Indonesia pun tertarik mempelajari beragam budaya Indonesia.

 

 

Sumber : Apa Kabar Betawi?
Apa Kabar Betawi?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments