Apindo Segera Siapkan Peta Jalan Perekonomian RI 5 Tahun ke Depan

0
33

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tengah menyiapkan roadmap atau peta jalan perekonomian Indonesia periode 2019-2024 atau lima tahun ke depan. Peta jalan ini nantinya diharapkan dapat mencerminkan pandangan, pemikiran dan harapan dunia usaha untuk meningkatkan daya saing nasional.

“Apindo sudah siapkan untuk roadmap perekonomian pemerintahan yang akan datang dan kami sedang kerjakan,” kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W Kamdani di Kantornya,┬áJakarta, Kamis (11/4).

Shinta menjelaskan konsep yang dipersiapkan sekarang merupakan roadmap perekonomian mencakup survei yang dilakukan pihaknya melalui beberapa focus group discussion (FGD) dari para pelaku usaha di sektor-sektor tertentu. Ini jelas berbeda daripada roadmap yang disodorkan pada 2014 lalu.

“Gambaran apa yang kita lakukan, di 2014 kita sampaikan dan sudah di pergunakan oleh pemerintah. Di tahun ini kita sudah mulai liat bagaimana masukan kongkrit dari dunia usaha,” katanya.

Menurutnya, roadmap perekonomian Apindo ini ditulis berdasarkan tiga bagian yang utama, pertama adalah bagian konseptual atau studi literaturnya, kedua yakni masukan dan hasil rekomendasi survei FGD dan pelaku usaha, dan yang ketiga adalah matriks kebijakannya,

“Selama ini belum kita lakukan dan target Agustus bisa disampaikan,” imbuhnya.

Shinta berharap melalui peta jalan ini, para pelaku usaha mampu bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kinerja perekonomian di masing-masing daerahnya yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing nasional.

“Kita merasa dengan hasil yang sudah ada dengan dilakukan pemerintah saat ini kita ingin lakukan perubahan yang sustainable agar lebih cepat jalannya. Dan apa yang sudah dilakukan selama ini bisa ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Merdeka.com

Comments

comments