Arab Saudi Bangun Resor Gurun Pertama di Situs Warisan UNESCO

0
103

Al Ula – Kejutan pariwisata Arab Saudi masih terus bergulir. Mempersiapkan diri sebaik mungkin, Arab Saudi membuka resor mewah di situs warisan dunia UNESCO yang berada di wilayah milik negara itu.

Arab Saudi terus mematangkan diri dalam menyambut wisatawan dunia. Rencananya, negara ini akan membuka Aman Resort International di tahun 2023, seperti yang diintip detikcom dari South China Morning Post, Senin (14/10/2019).

Kerja sama ini berlangsung dengan persetujuan dari Komisi Kerjaan untuk Al Ula. Tak tanggung-tanggung, wilayah yang dipilih untuk proyek ini adalah Madain Saleh atau dikenal dengan nIni ama Al Hijr alias Hegra di Kota Al Ula.

Madain Saleh adalah situs arkeologi yang jadi warisan dunia UNESCO pertama di Arab Saudi. Situs ini dulunya adalah konservasi terbesar dari peradaban Nabatea di Yordania.

Dari situs ini didapati sekitar 50 prasasti dari zaman pra Nabatea yang berasal dari abad ke-1 SM sampai abad ke-1. Kaum Nabatea terkenal dengan keahliannya dalam terapan hidrolika. 

Ada begitu banyak peninggalan di situs ini. Situs ini punya 111 makam kuno yang monumental. Bahkan ada 94 yang didekorasi dengan indah. Sesuai dengan keahliannya, situs ini juga punya sumur-sumur air.

Pihak Aman Resort International mengatakan bahwa lokasi ini memiliki konsep ekowista yang sempurna. Perpaduan warisan alam dan manusia menjadi nilai jual utama dari Madain Saleh.

Nantinya ekowisata yang ditawarkan akan berbentuk kemping mewah gurun. Proyek ini akan menjadi yang kesepuluh bagi Aman untuk berkolaborasi dengan situs warisan dunia UNESCO.