Archandra Tahar Bersyukur Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai Bisa Terlaksana

0
132

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar melakukan groundbreaking pembangunan pipa gas Duri-Dumai di Gedung Serulla, Kemeterian ESDM, Jakarta, Senin (13/11).

Archandra mengungkapkan sangat bersyukur pembangunan pipa gas Duri-Dumai ini bisa terlaksana, pasalnya rencana pembangunan pipa ini sudah lama sekali dibangun.

“Pipa ini rencanaya sudah lama, tapi keputusannya nggak selesai-selesai dan akhirnya dapat diputuskan beberapa minggu yang lalu,” ujar Archandra di Kementrian ESDM, Jakarta, Senin (13/11).

Dalam hal ini, Archandra mengungkapkan adanya beberapa kesulitan yang ditemukan dalam pembangunan pipa ini. Dimana kesulitan yang pertama dikarenakan susahnya membuat sinergi antara PGN dan Pertamina.

“Kesulitan yang pertama adalah bagaimana membikin sinergi antara PGN dan Pertamina padahal dua-duanya adalah BUMN. Dimana yang satu BUMN terbuka dan satunya BUMN belum terbuka. Mencari sinergi ini ternyata tidak gampang, karena sesuai dengan Undang-Undang BUMN bahwa mereka harus mencari profit,” jelasnya.

Kemudian, kata Archandra, kesulitan yang kedua dikarenakan adanya konteksitas dari sisi bagaimana akan melakukan project ini.

“Satu contoh waktu di putuskan mau dimana groundriking ini, dan ini pun susah ditentukan. Pertamina maunya di Dumai dan PGN maunya di Duri, dan kemudian tidak juga diputuskan, akhirnya saya bilang di kementrian ESDM, jadilah pelaksanaan groundbrikingnya pada hari ini,” tuturnya.

Archandra berkeyakinan apabila pelaksanaan groundreking ini terus ditunda maka pada tahun depan juga belum ada keputusan dimana groundbreaking ini akan dilaksanakan.

“Groundberakinh itu ceremony yang penting nanti jadi atau tidak. Kalau jadinya baru kita ceremony ditempat jadinya,” pungkasnya.

 

 

Sumber : Archandra Tahar Bersyukur Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai Bisa Terlaksana
Archandra Tahar Bersyukur Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai Bisa Terlaksana
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here