Friday, September 24, 2021
Home KESEHATAN Atasi Kram Perut Menstruasi dengan 5 Cara Ini

Atasi Kram Perut Menstruasi dengan 5 Cara Ini

Selain mengalami kram perut, wanita yang sedang dalam masa menstruasi akan mengalami perubahan suasana hati. Wanita juga akan kehilangan banyak darah, yakni sekitar 10 ml hingga 80 ml setiap fase.

Berikut ada 5 cara atasi kram perut:

1. Minum air

 

Saat haid, Kamu bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Dengan menambahkan perasan lemon ke dalamnya akan memberi rasa dan menggugah selera. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung. Namun, air bisa mengatasi perut kembung, sebuah kondisi yang bisa membuat kram terasa lebih buruk.

2. Konsumsi makanan yang sesuai

Jenis makanan yang sesuai untuk kondisi ini yaitu makanan yang rendah lemak dan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Sebisa mungkin hindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.

Selain itu, kamu juga butuh asupan vitamin seperti vitamin B1, B6, dan E. Lalu asupan nutrisi lainnya seperti zinc, magnesium dan asam lemak omega-3. Mengonsumsi asupan tersebut bisa mengurangi hormon yang menyebabkan kram otot atau bisa membantu meringankan ketegangan otot dan peradangan.

3. Kompres hangat

Kamu bisa menempelkan botol berisi air panas (jangan air mendidih) ke area yang kram. Selain meredakan rasa sakit, sensasi hangat ini juga bisa membuat area yang kram terasa lebih rileks.

4. Jangan ‘mager’

Rasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu malas bergerak alias ‘mager’. Tapi kamu harus melawannya dengan aktif bergerak seperti berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh dapat memproduksi endorfin, hormon yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati. Olahraga yang bisa Kamu lakukan antara lain aerobik, lari, jalan santai, bersepeda, atau berenang.

Kamu juga bisa melakukan olahraga yang membuat tubuh sekaligus pikiran rileks seperti yoga atau pilates.

5. Minum obat

Kamu bisa mengonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen dan aspirin. Jika setelah menenggak obat ini kamu masih merasakan sakit, kamu bisa mengganti jenis OAINS lain seperti asam mefenamat atau naproxen.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asma, ginjal atau gangguan hati, hindari mengonsumsi OAINS.

Sumber : Atasi Kram Perut Menstruasi dengan 5 Cara Ini
Atasi Kram Perut Menstruasi dengan 5 Cara Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments