Sunday, October 17, 2021
Home Nasional Atasi masalah di Asmat, Menko PMK akan buat satuan kerja

Atasi masalah di Asmat, Menko PMK akan buat satuan kerja

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meminta seluruh Kementerian lembaga untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan di Asmat, Papua. Bahkan dia akan membentuk satuan kerja untuk mengatasi masalah tersebut.

“Setelah ini akan saya minta koordinasi antara Bappenas, PMK, KSP, untuk satuan kerja yang terintegrasi menjalankan program yang ada di kementerian, semua sudah setuju, semua sudah mengerti,” katanya di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (31/1).

Terkait hal ini, politisi PDIP ini yakin setiap lembaga yang bersangkutan sudah mengerti segala tugas dan tanggungjawabnya. Biaya yang diperlukan juga akan disediakan oleh pemerintah.

“Semua sudah mengerti, untuk menjalani tugas dan tanggungjawabnya supaya kita akan bikin matex biayanya dari biaya yang akan dibutuhkan dari jangka pendek, menengah, dan panjang,” ujarnya.

Puan menambahkan, untuk bisa mengatasi empat hal seperti kesehatan, sosial budaya, infrastruktur dan tata kelola pemerintahan, harus ada sinergi. Hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017.

“Sesuai arahan bapak Presiden juga sudah ditugaskan satgas tim terpadu antara TNI Polri untuk bisa masuk semua membawa bantuan yang diharapkan bisa langsung diterima bukan hanya di kabupaten tapi langsung distrik-distrik, desa-desa yang ada di kabupaten Asmat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, putri Ketua Umum PDIP ini menegaskan, negara harus tetap hadir untuk mengatasi masalah di Papua. Kemudian, pihaknya mengajak pihak lain seperti Pemerintah Daerah melakukan koordinasi dan sinergi.

“Pemda harus ikut terlibat, nantinya ke depan akan kita lakukan pendampingan dengan membawa SDM dari luar Papua dan Papua Barat dengan libatkan SDM di Papua,” ucapnya.

Sampai saat ini, kata Puan, hampir 90 persen bantuan-bantuan sudah masuk di Asmat dan wilayah-wilayah lain yang ada indikasi mengalami gizi buruk atau masalah kesehatan di Papua dan Papua Barat. Meski, dia mengungkapkan, belum semuanya berhasil dimasuki bantuan.

“Memang tidak semua bisa kita masuki atau intervensi karena letak geografisnya yang susah, perlu perjalanan yang cukup sulit untuk masuk wilayah tersebut, namun itu bukan berarti kita tak melakukan apa-apa,” tandasnya. [fik]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/atasi-masalah-di-asmat-menko-pmk-akan-buat-satuan-kerja.html

Most Popular

Recent Comments