Atasi Rembesan Air Laut, Pemprov DKI Siapkan Pompa Mobile

0
93

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI┬áJakarta┬ámenyiagakan sejumlah pompa mobile guna antisipasi cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pekan ini. Lokasi yang menjadi fokus Pemprov adalah wilayah Jakarta Utara.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Dudi Gardesi mengatakan, kesiagaan di Jakarta Utara mengingat wilayah itu berbatasan langsung dengan laut. Sehingga, saat cuaca ekstrem melanda, air laut hampir dipastikan akan pasang dan limpas ke daratan Jakarta Utara.

“Kalau untuk pasang laut tertinggi, iya. Dan biasanya memang ada limpasan di daerah-daerah tertentu. Terus itu kita stand by kan lah, misal ada limpasan, itu lokasinya ada di mana, kalau memang tidak ada sistem itu, kita coba pasang pompa mobile,” katanya, Rabu (8/1).

Nantinya, kata Dudi, air laut yang merembes ke daratan akan dialirkan ke waduk-waduk. Itu pun tidak otomatis dialirkan, harus terlebih dahulu menunggu air di waduk sedikit surut.

Hal ini dikarenakan upaya mengalirkan air laut ke waduk dianggap kurang efektif jika dilakukan saat waduk penuh, hujan terus mengguyur, dan ada kiriman banjir dari hulu.

“Misalnya kondisi kalinya, airnya pasang, kalinya penuh, hujan lokal, ya kita pasti akan menunggu dulu itu selesai baru kita kerjakan,” tukasnya.

Pemprov DKI diketahui memiliki pompa air sebanyak 487 unit. Saat banjir 1 Januari 2020, pompa yang dikerahkan sekitar 100 lebih, namun kemudian rusak sekitar 40 unit.