Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Atut Jalani Sidang Putusan Hari Ini

Atut Jalani Sidang Putusan Hari Ini

Mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, akan menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor hari ini, Kamis, tanggal 20 Juli 2017. Atut merupakan terdakwa dalam kasus korupsi pengadaan alat kesehatan Provinsi Banten

“Iya hari ini putusan Bu Atut,” kata pengacara Atut, TB Sukatma, saat dikonfirmasi, Kamis (20/7).

Seperti diketahui, Atut dituntut 8 tahun penjara oleh jaksa KPK serta membayar denda Rp 250 juta. Menurut jaksa, Atut terbukti merugikan negara sebesar Rp 79,7 miliar dalam pengadaan alat kesehatan di Provinsi Banten.  

Atut dinilai telah melakukan pengaturan dalam proses pengusulan APBD tahun anggaran 2012, APBD perubahan 2012, dan anggaran Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Atut diduga melakukan pengaturan pelaksanaan anggaran pada acara lelang pengadaan alat kesehatan. Atut memenangkan pihak-pihak tertentu untuk menjadi rekanan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Selain itu, Atut juga didakwa bersama adik kandungnya, Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) yang diduga mengatur proses penunjukan langsung perusahaan yang menjadi pelaksana pengadaan alat kesehatan di Banten. Atut memperkaya diri sendiri sebesar Rp 3,8 miliar.

Dalam dakwaan kedua, Atut terbukti melakukan pemerasan terhadap empat kepala dinas di Pemprov Banten. Total uang yang diterima Atut sebesar Rp 500 juta, kemudian uang tersebut digunakan Atut untuk mengadakan kegiatan Istighosah.

Atut dijerat dengan Pasal 3 jo 18 dan Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

 

 

Sumber : Atut Jalani Sidang Putusan Hari Ini
Atut Jalani Sidang Putusan Hari Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments