Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Awal pekan, Rupiah dibuka menguat ke posisi Rp 13.359 per USD

Awal pekan, Rupiah dibuka menguat ke posisi Rp 13.359 per USD

Awal pekan kedua Maret 2017, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak fluktuatif. Pagi ini, Rupiah dibuka menguat di Rp 13.359 per USD dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.376 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah bergerak cenderung menguat sepanjang perdagangan. Rupiah tadi pagi dibuka di Rp 13.359 per USD dan bergerak di level Rp 13.360-an per USD.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan nilai tukar Rupiah bergerak relatif stabil dengan kecenderungan menguat di tengah peningkatan ketidakpastian terkait arah kebijakan AS. Rupiah sempat mengalami tekanan pada triwulan IV-2016, secara point to point Rupiah melemah sebesar 3,13 persen menjadi Rp 13.473 per USD.

“Tekanan terhadap Rupiah antara lain berasal dari meningkatnya ketidakpastian global terkait Pilpres AS, kenaikan FFR dan meningkatnya kebutuhan USD untuk pembayaran utang luar negeri pada akhir tahun,” ujar Agus di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (16/2).

Namun demikian, Agus mengatakan Rupiah kembali menguat sebesar 0,9 persen menjadi Rp 13.352 pada Januari 2017. Penguatan ini seiring dengan aliran modal asing yang kembali masuk ditopang oleh persepsi positif investor terhadap perekonomian domestik.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus mewaspadai perkembangan risiko ketidakpastian keuangan global dan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar agar sesuai fundamental dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar,” katanya.

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/awal-pekan-rupiah-dibuka-menguat-ke-posisi-rp-13359-per-usd.html

Most Popular

Recent Comments