Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional Awalnya Mendukung, Sekarang NasDem Tolak Hak Angket Komjen Iriawan

Awalnya Mendukung, Sekarang NasDem Tolak Hak Angket Komjen Iriawan

Fraksi Partai NasDem tidak ambil bagian dalam wacana pembentukan pansus angket terkait pengangkatan Komjen Pol M Iriawan (Iwan Bule) sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

Menurut Ketua Fraksi NasDem, Johnny G Plate, wacana tersebut dikhawatirkan akan berujung pada pernyataan sikap DPR yang dapat dimanfaatkan membuat isu politik.

“Kalau itu, kami tolak posisi kami, jelas. Kami akan bersatu padu dengan parpol koalisi, dengan semua kekuatan parpol, untuk mencegah tidak ada angket. Tidak boleh terjadi penggunaan hak angket yang membuka ruang penyataan DPR,” kata Johnny kepada wartawan, Kamis (21/6).

Menurutnya, penyelesaian masalah itu tak perlu menggunakan hak angket. Johnny mengatakan, DPR masih bisa menggunakan hak interpelasi untuk menangani polemik itu.

“Kalau memang keliru, diperbaiki ya. Melakukan tindakan koreksi, makanya kami perlu tindakan dan keterangan pemerintah dalam hal itu. Penjelasan dilakukan interpelasi, DPR kan bisa rapat kerja juga. Kalau belum jelas ya interpelasi saja. Itu hak DPR dalam UU MD3,” lanjutnya.

Ia mengharapkan masyarakat tidak akan kebingungan jika menggunakan hak interpelasi.

“Pemerintah memberikan keterangan dan penjelasan, landasan hukum dan landasan lainnya agar masyarakat menjadi terang benderang dan menjadi tahu sehingga menerimanya. Agar suasana Pilkada aman dan tidak diganggu berita politik yang membuat bingung masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya, NasDem menggulirkan wacana pembentukan angket terkait pengangkatan Iriawan bersama dengan Demokrat, Gerindra, dan PKS. Hal itu disampaikan oleh Johnny, namun pada akhirnya ia meralat sikap patainya.

Sumber : Awalnya Mendukung, Sekarang NasDem Tolak Hak Angket Komjen Iriawan
Awalnya Mendukung, Sekarang NasDem Tolak Hak Angket Komjen Iriawan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments