Sunday, August 1, 2021
Home KESEHATAN Bahaya! Jangan Goreng Makanan dengan Minyak Kepanasan

Bahaya! Jangan Goreng Makanan dengan Minyak Kepanasan

Menggoreng menjadi salah satu teknik memasak yang paling sering digunakan untuk mengolah makanan. Hal itu karena teknik memasak ini praktis, mudah, dan hasil masakan yang digoreng juga memiliki tekstur renyah yang menggiurkan.

Saat hendak menggoreng, minyak goreng akan dipanaskan terlebih dahulu. Untuk waktu dan suhu/temperatur dari minyak yang digunakan untuk menggoreng masih banyak orang yang tidak memperhatikannya. Beberapa orang bahkan kerap menggunakan api besar dan minyak yang sangat panas agar masakannya menjadi lebih cepat matang.

Namun ternyata, menggoreng dengan suhu minyak yang terlalu panas berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dilansir Care2, berikut lima dampak yang disebabkan karena penggunaan minyak dengan suhu yang terlalu tinggi saat menggoreng:

1. Hilangnya Nutrisi

Sama halnya dengan memasak makanan dalam waktu yang terlalu lama, ternyata menggoreng makanan dengan suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral di dalamnya rusak, lho. Bahkan, jumlah kandungan vitamin dan mineral yang hilang dapat mencapai sekitar 30 hingga 50 persen.

2. Susah Dicerna

Kandungan protein di dalam makanan yang dimasak dalam minyak terlalu panas akan berubah menjadi beku. Alhasil, hal ini akan membuat makanan menjadi lebih susah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, protein yang dimasak terlalu lama akan lebih kecil kemungkinannya untuk dimanfaatkan oleh tubuh.

3. Membunuh Enzim Penting

Enzim dalam makanan diperlukan untuk membantu sistem metabolisme tubuh. Saat makanan dimasak dalam suhu yang terlalu tinggi, sekitar 90 hingga 100 persen kandungan enzim yang diperlukan untuk proses metabolisme akan rusak dan hilang.

4. Memicu Penyakit

Ternyata, tak semua bahan makanan baik dan boleh digoreng. Beberapa makanan seperti sayuran dan buah mengandung asam oksalat yang dapat membahayakan tubuh bila digoreng, salah satunya bayam.

Kalsium dalam tubuh nantinya akan mengikat kandungan asam oksalat tersebut dan menghasilkan komponen kalsium baru. Komponen tersebut sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.

5. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh pada makanan yang digoreng dengan suhu terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol. Selain itu, minyak yang menempel pada gorengan tersebut juga mengandung zat-zat pemicu penyakit kanker, apalagi pada masakan yang digoreng terlalu lama.

Jadi, jangan terlalu lama menggoreng makanan dan pastikan suhu minyak tidak kepanasan ya readers.

 

Sumber : Bahaya! Jangan Goreng Makanan dengan Minyak Kepanasan
Bahaya! Jangan Goreng Makanan dengan Minyak Kepanasan
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments