Monday, August 2, 2021
Home Nasional Bamsoet: Tidak Ada Masyarakat yang Menjadi Korban Atas Berlakunya UU MD3

Bamsoet: Tidak Ada Masyarakat yang Menjadi Korban Atas Berlakunya UU MD3

Undang-undang Undang-undang MPR, DPR, DPRD, DPD (MD3) sudah resmi berlaku meski tanpa tandatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) berjanji tidak akan ada masyarakat termasuk wartawan yang menjadi korban atas berlakunya UU MD3.

UU MD3 sudah berlaku efektif, tapi saya selaku pimpinan DPR menjamin tidak akan ada warga yang diproses hukum karena mengkritik DPR,” ujar Bambang di Jakarta, pada hari Jumat (16/3).

“Jangan sampai ada kesalahpahaman bahwa UU MD3 akan mematikan kritik masyarakat terhadap DPR,” tambahnya.

Dengan berlakunya UU MD3 tersebut Bamsoet berharap tak ada lagi pihak yang memprovokasi dan mengadu domba sesama anak bangsa atau antara parlemen dan rakyatnya.

“DPR menjadi hebat karena diawasi oleh rakyat. Kritik justru sangat diharapkan karena itulah vitamin bagi DPR. Yang tidak boleh adalah menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah. Kita tentu tidak ingin bangsa ini asyik bergumul saling membenci dan memfitnah satu sama lain,” tegasnya.

Perihal sikap Presiden Joko Widodo yang tidak mengeluarkan Peraturan pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait UU MD3, keputusan tersebut diapresiasi oleh Bamsoet.

Sekalipun Presiden Jokowi tidak menandatangani UU MD3, namun UU MD3 tetap sah menjadi undang-undang dan wajib diundangkan. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 20 ayat 5 UUD 1945.

Ia mempersilakan masyarakat yang tidak setuju dengan berlakunya UU MD3 melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Katanya, sistem ketatanegaraan Indonesia telah memberikan ruang bagi siapapun untuk melakukan gugatan karena tidak setuju atas aturan hukum yang sudah ditetapkan.

 

Sumber : Bamsoet: Tidak Ada Masyarakat yang Menjadi Korban Atas Berlakunya UU MD3
Bamsoet: Tidak Ada Masyarakat yang Menjadi Korban Atas Berlakunya UU MD3
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments