Bank Mandiri Prediksi BI Turunkan Suku Bunga Acuan ke 5,75 Persen di 2019

0
13

Senior Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro, mengatakan Bank Indonesia memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga acuan tahun ini. Bank sentral diprediksi hanya akan menurunkan 25 basis poin dari suku bunga acuan saat ini di level 6 persen.

“Kami melihat terdapat ruang bagi BI untuk memangkas BI-7DRRR pada akhir tahun ini sebesar 25 bps menjadi 5,75 persen,” ujar Andry saat memberi keterangan pers di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (15/5).

Andry melanjutkan, terdapat tiga faktor yang menentukan arah pergerakan BI-7DRRR, yakni tingkat inflasi, pergerakan suku bunga acuan the Fed, dan posisi neraca pembayaran yang berhubungan dengan current account deficit (CAD).

Untuk inflasi sendiri, sampai dengan April 2019, tingkat inflasi masih sangat stabil dan terjaga, kemudian pergerakan suku bunga The Fed juga telah memberikan sinyal positif. Hasil pertemuan FOMC Maret 2019 lalu telah mengindikasikan bahwa the Fed tidak akan menaikkan FFR di tahun ini.

“Arah kebijakan the Fed yang lebih dovish tersebut memberikan dampak positif bagi pasar keuangan global, seperti terlihat dari aliran modal asing yang telah kembali masuk ke negara-negara Emerging Market, termasuk Indonesia,” jelas Andry.

Faktor terakhir juga mendukung ruang pemotongan BI-7DRRR pada tahun ini. CAD dilaporkan telah menyusut dari 3,59 persen terhadap PDB pada kuartal IV/2018 menjadi 2,60 persen terhadap PDB pada kuartal I/2019.

“Seiring dengan terus membaiknya neraca perdagangan barang, Bank Mandiri memperkirakan CAD akan berkurang menjadi pada kisaran 2,6 persen terhadap PDB pada 2019,” tandasnya.

 

 

Sumber : Merdeka.com

Comments

comments