Wednesday, August 4, 2021
Home Nasional Bantah Fahri Hamzah, Fadli Zon: Gerindra Ingin Rakyat Berpartisipasi

Bantah Fahri Hamzah, Fadli Zon: Gerindra Ingin Rakyat Berpartisipasi

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyebut gerakan penggalangan dana yang dilakukan oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto sedang kebingungan karena tidak memiliki uang.

Waketum Partai Gerindra, Fadli Zon membantah pernyataan Fahri tersebut. Ia menyebut penggalangan dana dilakukan bukan karena Prabowo tidak memiliki uang, tapi dimaksudkan agar rakyat berpatisipasi.

“Ini bukan karena kita tidak punya uang. Kita ingin partisipasi (galang dana) itu dari rakyat, dari masyarakat, bukan dari cukong atau dari konglomerat,” kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (25/6).

Ia mengatakan, partainya tidak ingin penyumbang dana dalam kontestasi politik dikuasai oleh pemodal besar. Menurutnya, hal itu rawan pembajakan terhadap demokrasi.

“Jangan sampai demokrasi kita ini dibajak para cukong dan konglomerat yang mengatur-ngatur kehidupan demokrasi kita membeli buying, membeli gubernur, bupati, dan sebagainya, yang saya kira itu sangat membahayakan. Itu artinya pembajakan terhadap demokrasi kita. Jadi lebih bagus dari bawah (rakyat) bottom up,” tuturnya.

Fadli mengatakan, penggalangan dana untuk ongkos politik adalah hal yang wajar dan bukanlah hal yang baru dalam demokrasi.

“Kita ingin menggalang dana ini sebagai bagian dari kekuatan masyarakat. Kita lihat juga bagaimana partisipasi publik, politik itu bukan hanya milik elite tapi juga milik masyarakat. Sumbangan itu juga kan sumbangan yang sukarela dan juga besarannya tergantung kemampuan dan sama sekali tidak ada paksaan. Tetapi bentuk kepedulian kita kepada politik,” katanya.

Ia memastikan pihaknya akan transparan dalam mengelola sumbangan dari rakyat ini.

“Gerindra itu partai yang selama ini telah mendapatkan award partai paling transparan dari komite informasi publik kalau tidak salah. Jadi kita pasti akan transparan juga di dalam penerimaan dan seterusnya,” ujar Fadli.

 

 

Sumber : Bantah Fahri Hamzah, Fadli Zon: Gerindra Ingin Rakyat Berpartisipasi
Bantah Fahri Hamzah, Fadli Zon: Gerindra Ingin Rakyat Berpartisipasi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments