Sunday, October 24, 2021
Home Nasional Banyak Beredar Curhatan Soal UNBK Sulit, Begini Tanggapan Mendikbud

Banyak Beredar Curhatan Soal UNBK Sulit, Begini Tanggapan Mendikbud

Kolom komentar pada akun Instagram @kemdikbudri dan @pustektekkom_kemdikbud baru-baru ini dipenuhi curhatan siswa yang mengeluhkan sulitnya soal UNBK. Keluhan mereka pun ditulis dengan bahasa yang serius hingga guyonan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, akhirnya menanggapi terkait curhat siswa SMA yang menganggap soal di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sulit.

Muhadjir mengatakan tingkat kesulitan soal UNBK memang tidak sama, ada yang tingkat kesulitannya ringan hingga berat.

“Tahun ini mulai disisipkan soal-soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (higher order thinking skills). Tetapi jumlahnya kurang dari 15 persen. Jadi mestinya soal yang bertingkat kesulitan ringan dan sedang jauh lebih banyak,” kata Muhadjir dilansir dari detik.com, Selasa (17/4).

Menurut Mendikbud, soal yang sulit untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal itu sebagai upaya agar generasi milenial memiliki mental yang kuat dan kemampuan berpikir yang dapat bersaing dengan dunia global.

“Kalau kita ingin bangsa Indonesia masa depan adalah bangsa besar dan maju, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Jokowi di setiap kesempatan, ya generasi milenialnya harus punya karakter kuat, mampu memasuki arena persaingan tingkat tinggi, serta tidak lembek dan cengeng,” ujar Muhadjir.

Menanggapi banyaknya curhatan dan kritikan para siswa, Muhajidir menyatakan hal itu akan menjadi perhatian Kemendikbud. Namun, dia belum bisa mengatakan apakah memang banyak yang kesulitan mengerjakan UNBK tahun ini.

“Banyak itu relatif. Sekarang belum bisa diketahui berapa persen dari 1.533.937 siswa yang ikut UN yang mengalami kesulitan. Kalau yang dijadikan dasar tulisan di medsos, sebetulnya tidak banyak. Hanya memang bikin heboh saja,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Sebelumnya telah diketahui banyak siswa yang mengeluhkan sulitnya soal UNBK dan menyampaikan curhat lewat media sosial. Mereka menganggap soal yang diberikan seperti soal olimpiade sehingga mereka kesusahan mengerjakannya.

 

Sumber : Banyak Beredar Curhatan Soal UNBK Sulit, Begini Tanggapan Mendikbud
Banyak Beredar Curhatan Soal UNBK Sulit, Begini Tanggapan Mendikbud
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments