Friday, January 28, 2022
Home Nasional Bawaslu temukan 5.672 DPT ganda di Tangsel

Bawaslu temukan 5.672 DPT ganda di Tangsel

Badan Pengawas Pemilu Kota Tangerang Selatan menemukan 5.762 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda. Data ganda pemilih ini ditemukan berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan Bawaslu di tingkat PPS dan PPK.

Komisioner Bawaslu bidang Pengawasan Slamet menuturkan, 5.762 DPT ganda yang ditemukan itu, memiliki kesamaan nama dan alamat yang kembar. Ada juga identitas yang sama di kelurahan berbeda.

Dia menduga, kembarnya data pemilih tetap itu akibat kesalahan pada proses pengunggahan data dan mutasi penduduk yang tidak tercatat di kantor kelurahan.

“Indikasinya ada di proses upload petugas. Jadi ketika di PPS, di PPK data itu diupload sudah benar. Cuma loading internet tidak bisa diduga, dia klik dua kali itu bisa masuk dua kali, nah itu penyebab ganda utama, itu ganda identik,” ujar Slamet saat dihubungi Kamis (13/9).

Jumlah DPT ganda identik ataupun ganda antar kelurahan yang ditemukan itu sebanyak 5.762 data.

“Kalau kita itu intinya rekomendasi itu yang 5.762 itu rekomendasi saran perbaikan untuk ditindaklanjuti KPU,” kata dia.

Setelah direkomendasikan ke KPU, Bawaslu Tangsel berharap akan ditelusuri dan ditindaklanjuti berdasarkan hasil rapat pleno yang akan dilakukan hari ini. Data sementara, tercatat ada 841.194 DPT di Pemilihan Umum 2019.

“Berdasarkan data DPT dikurangi yang ganda ada 841.194,” ucap dia.¬†[noe]

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments