Sunday, November 28, 2021
Home Tech Beberapa Cara Mudah Membuat Ponsel Android Lebih Aman

Beberapa Cara Mudah Membuat Ponsel Android Lebih Aman

Seperti yang kita ketahui saat ini semakin banyak orang yang ingin mencuri data yang kita miliki dari perangkat PC, Laptop, maupun Ponsel. Kali ini kita akan membahas cara mudah untuk membuat ponsel Android anda lebih aman. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan diantaranya adalah:

1. Kunci layar ponsel anda

Banyak orang yang tidak memberikan kunci pada ponsel mereka dengan alasan tidak ingin repot saat membuka halaman ponsel mereka, tapi tahukah anda hal ini merupakan langkah dasar dalam mengamankan ponsel yang anda miliki. Dengan memberikan kunci pada ponsel anda setidaknya kita bisa mengamankan ponsel kita dari tangan-tangan jahil yang ada disekitar kita.

2. Jangan izinkan memasang aplikasi Android dari sumber tidak diketahui

Dengan mengaktifkan fitur ini maka kita tidak bisa memasang aplikasi yang tidak terverifikasi oleh Google Playstore. Seperti yang kita ketahui kita bisa saja mengunduh aplikasi Android dari website lain selain Google Play Store dan memasangnya pada ponsel kita sendiri, namun ini sangat tidak disarankan karena berpotensi besar aplikasi tersebut telah dipasang malware. Maka dari itu adanya fitur ini sangat membantu kita dalam mengamankan ponsel android kita.

Caranya masuk ke Settings -> Security. Setelah itu, pada bagian “Unknown sources”, pastikan ia berada dalam keadaan non-aktif.

3. Biarkan Android memindai dan verifikasi aplikasi Anda

Meskipun Google berusaha untuk mencegah masuknya aplikasi dengan malware ke Play Store, selalu ada kemungkinan ada aplikasi dengan malware yang lolos dari pemeriksaan Google. Anda bisa mengaktifkan fitur yang memungkinkan ponsel memeriksa aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel.

Caranya masuk ke Settings -> Google -> Security -> Verify app. Setelah itu, aktifkan fitur “Scan device for security threats”.

4. Update ponsel Anda

Hacker terus memperbarui strategi mereka untuk meretas ponsel Android. Karena itulah, Google terus merilis update keamanan untuk menambal lubang keamanan terbaru yang ada. Memastikan ponsel Anda telah mengunduh update merupakan salah satu cara termudah untuk memastikan ponsel Anda aman dari hacker.

Biasanya, ponsel Android Anda akan secara otomatis meminta Anda untuk mengunduh patch terbaru. Untuk memeriksa apakah ada update baru, Anda bisa mengakses Settings -> About Phone -> System updates.

 

 

Sumber : Beberapa Cara Mudah Membuat Ponsel Android Lebih Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments