Monday, August 2, 2021
Home Jitu News Begini Kronologi Longsor di Ponorogo

Begini Kronologi Longsor di Ponorogo

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, pada hari Sabtu (1/4) pagi. Longsor tersebut mengakibatkan banyak rumah rusak bahkan hampir rata dengan tanah. Selain itu, ada lebih 20 orang tertimbun tanah.

Sebelum bencana ini terjadi, warga memang mengetahui adanya tanda-tanda tanah longsor. Bahkan pihak BPBD Ponorogo memberi peringatan dan warga mengungsi ke tempat lain pada malam hari. Namun, esok harinya warga kembali pulang ke rumah untuk melakukan aktivitas, pada saat itulah longsor terjadi.

Tanda-tanda sudah terlihat pada 3 minggu sebelum kejadian, warga menemukan adanya tanda-tanda retakan di tebing Banaran kurang lebih 30cm. Retakan tersebut terus mengalami penambahan menjadi semakin luas sekitar 9 meter. Seminggu setelahnya, retakan kembali meluas hinga 15 meter. Kemudian Pemda Kabupaten Ponorogo sudah antisipasi dan mendirikan posko pengungsian.

 

Sejumlah petugas dan relawan terus melakukan pencarian warga yang tertimbun di tengah situasi rumah yang sudah rusak. Banyak juga kendaraan dari warga yang hancur akibat longsor. Cuaca dan akses menuju lokasi bencana menjadi salah satu penyebab sulitnya proses pencarian.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/56108/begini-kronologi-longsor-di-ponorogo#ixzz4dFSTwKgS

Most Popular

Recent Comments