Saturday, October 16, 2021
Home Travel Lifestyle Begini Sinopsis Drama Musikal "La Galigo: The Chaos Within"

Begini Sinopsis Drama Musikal “La Galigo: The Chaos Within”

NUANSA Cultural Production mempersembahkan pentas drama musikal “La Galigo: The Chaos Within”. Tahun ini, di tengah pencapaiannya yang telah menginjak tahun kesepeluh berkarya, NUANSA Cultural Production mengusung tema dari suku Bugis dan manuskrip epik mereka yang berjudul Sureq Galigo.

“Epik La Galigo sungguh sangat penting untuk diceritakan kepada khalayak. Epik ini bahkan diduga lebih tua dan ditulis sebelum epik Mahabharata dari India. Ditambah selama sepuluh tahun terakhir kami belum pernah adaptasi cerita dari Bugis,” ujar Ketua – Relasi Korporat, NUANSA Cultural Production, Juan Nathaniel saat berbincang dengan Jitunews.com, Rabu (22/3).

Bagaimana sih ceritanya, penasaran kan tentang cerita Sureq Galigo? Begini kisahnya, cerita ini berawal dari seorang dewata dari dunia khayangan bersatu dengan roh dari alam baka. Permaisuri Luwu pun mengandung keturunan mereka dan terlahirlah sepasang anak kembar: Sawerigading, sang petualang dan Tenriabeng, sang bijak. Keduanya diramalkan untuk saling jatuh cinta, namun kelanjutan cinta mereka akan mendatangkan malapetaka bagi kerajaan mereka. Oleh sebab itu, mereka pun dipisahkan sejak lahir.

 

Sayangnya takdir tak dapat dielakkan. Kehidupan pun mempertemukan mereka dan apa yang ditakutkan pun terjadi, keduanya saling jatuh cinta. Setelah mengetahui adanya hubungan darah di antara mereka dan dampak dari hubungan asmara mereka, Sawerigading tak dapat menerima kenyataan dan memutuskan untuk berlayar meninggalkan Luwu. Pelayarannya membawanya menuju Pammana.

Kisah lain yang terdapat dalam epik tersebut yakni tentang Purti Pammana, We Cudai, yang telah dijodohkan dengan Settiangponga yang kejam. Ketika We Cudai sedang melarikan diri untuk menghindari penikahannya, ia pun tertangkap oleh Sawerigading. Pertemuan mereka akan mengubah segalanya – jalan hidup setiap tokoh pun berubah seiring terjalinnya kisah hidup keduanya, sementara sebuah rencana jahat akan disusun untuk mengancam kerajaan Luwu.

Mampukah Kerajaan Luwu bertahan dengan adanya serangan dan pembunuhan berdarah yang akan segera tiba? Akankah Sawarigading berteguh memegang sumpahnya, meski harus mempertaruhkan tanah airnya?

Penasaran kan! Yuk datang ke National Library Building (NLB), Singapura tanggal 26 Maret 2017. Untuk info lebih lanjut bisa diakses melalui website www.nuansacp.com

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55356/begini-sinopsis-drama-musikal-quot-la-galigo-the-chaos-within-quot#ixzz4c1WFbec4

Most Popular

Recent Comments