Friday, July 30, 2021
Home Jitu News Belum Dimulai Pembatasan Penyaluran Gas 3 Kg, tetapi Sudah Langka

Belum Dimulai Pembatasan Penyaluran Gas 3 Kg, tetapi Sudah Langka

Penyaluran subsidi elpiji 3 Kg agar tepat sasaran tadinya mulai berlaku Maret 2017. Namun pemerintah mengubah keputusan menjadi mulai tahun 2018. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja menjelaskan penerapan‎ penyaluran gas subsidi tepat sasaran akan dimulai Februari atau Maret 2018.

‎Dengan begitu masyarakat yang dikategorikan mampu tidak bisa lagi menikmatinya dengan harga kisaran Rp 18.000 hingga Rp 22.000.  Elpiji 3 Kg bersubsidi sejak awal memang diperuntukkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat miskin dan usaha mikro. Namun, kenyataannya elpiji yang dibungkus tabung berwarna hijau itu bebas dikonsumsi berbagai strata ekonomi. Oleh karena itu akan dilaksanakan pembatasan penyaluran.

Namun gara-gara kabar tersebut, saat ini sudah terjadi kelangkaan gas 3 kg. Salah satunya di Jakarta Timur sudah sulit menemukan toko menjual gas 3 Kg. Sebagian pedagang bahkan mengambil kesempatan menjual gas 3 Kg dengan harga hingga Rp 30.000. Padahal harga resmi pemerintah masih Rp 16.000 yang biasanya dijual pedagang Rp 20-an ribu per tabung.

Secara bertahap Kementerian ESDM akan menyalurkan gas subsidi melalui pemilik Kartu Sejahtera Kemensos. Masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi akan mendapat Kartu Sejahtera sebagai tanda bukti. Kartu tersebut juga berupa uang elektronik untuk ditunjukkan ketika membeli gas 3 Kg.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu berarti masuk kategori ekonomi mampu, namun tetap bisa membeli elpiji 3 Kg dengan harga keekonomian bisa mencapai Rp 30.000.

I Gusti Nyoman Wiratmaja menyatakan Kementerian ESDM mulai April ini fokus menyiapkan ‎infrastruktur penyaluran subsidi elpiji tepat sasaran berupa kartu yang menjadi identitas warga yang berhak. Selain kartu juga disiapkan infrastruktur berupa alat transaksi (Electronic Data Capture/EDC)‎.

“‎Sekarang kita siapkan infastrukturnya EDC, kartu, siapkan infrastruktur,” kata Wiratmaja di Jakarta, pada 31 Maret lalu.

@jitunews http://jitunews.com/read/56398/belum-dimulai-pembatasan-penyaluran-gas-3-kg-tetapi-sudah-langka#ixzz4dXQjTyaK

Most Popular

Recent Comments