Benahi Sektor Kelapa Sawit, Mentan Gandeng KPK

0
449

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya saat ini mulai melakukan langkah pembenahan di sektor sawit. Pasalnya, ada beberapa persoalan yang masih menjadi PR besar pemerintah dan harus segera diselesaikan di sektor kelapa sawit tanah air.

Amran menegaskan dalam melakukan penelusuran atas setiap permasalahan di sektor sawit ini pihaknya melakukan tindakan preventif dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kami akan meminta rekomendasi dan solusi dari KPK terkait permasalahan replanting dan sejumlah masalah sawit lainnya di tanah air. KPK sebagai pendamping kami dalam memberikan tindakan preventif,” kata Amran di Kantor KPK, Senin (13/3/2017).

 

Ia mengatakan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi terkait tata kelola kelapa sawit. Yang pertama adalah terkait krisis ekonomi yang dialami masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur dan Tengah.

“Solusi ke depan untuk masalah ini adalah pemerintah akan meminta kepada para pengusaha sawit untuk memberikan 20 persen untuk para petani khususnya yang ada di Provinsi Kalimantan,” katanya.

Permasalahan yang kedua adalah terdapat 2,7 juta hektare hutan produksi, dimana diantaranya sebesar 1,7 juta hektar digunakan untuk plasma inti dan selebihnya untuk perusahaan. “Permasalahan sawit dan plasma inti di area hutan produksi harus kita luruskan, karena luas ini cukup signifikan, yaitu 2,7 juta hektare dan sangat besar sehingga masih akan kita bahas lagi,” ujar Amran lagi.

Lalu permasalahan yang ketiga masalah black campaign yang dilakukan oleh negara-negara Eropa. Mereka banyak membicarakan Indonesia dari sudut pandang negatif saja, seperti tentang terorisme dan kerusakan hutan.

“Kita harus melihat community di bawah kelapa sawit, ada sekitar 30 jutaan lebih di bawah sawit dan saya sampaikan ke Menteri Pertanian Jerman dan Spanyol bahwa kalau dilanjutkan, black campaign akan berdampak petani sawit ramai-ramai babat hutan untuk mencari nafkah dan tidak ada yang bisa melawan termasuk Indonesia,” tukasnya.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54835/benahi-sektor-kelapa-sawit-mentan-gandeng-kpk#ixzz4bGj9f0Qt