Saturday, May 28, 2022
Home KESEHATAN Benarkah Bumbu Mi Instan Picu Kanker?

Benarkah Bumbu Mi Instan Picu Kanker?

Kebanyakan orang menyukai mi instan, selain harganya murah dan praktis, makanan ini juga rasanya enak serta mengenyangkan. Namun, banyak yang mengatakan bahwa bumbu pada mie instan yang dimasak bisa memicu kanker.

MSG (monosodium glutamate) adalah salah satu komposisi bumbu mie instan yang sering dihubungkan dengan kanker.

Karena jika dimasak pada suhu 120 derajat celcius, penguat rasa ini bisa mengalami perubahan struktur kimia yang bisa menyebabkan keracunan ringan. Jika dimasak dengan minyak hingga suhu 150-200 derajat celcius MSG menjadi zat yang berpotensi menyebabkan kanker.

 

Faktanya, belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan secara pasti jika mi instan bisa menyebabkan kanker. Karena pada dasarnya kanker disebabkan oleh beberapa faktor, seperti alkohol, mutasi genetik, rokok, raiasi, virus, hingga infeksi.

Walau begitu, mi instan terbukti adanya hubungan dengan penyakit metabolik. Karena makanan ini termasuk tinggi kalori, dan hanya mengandung sedikit nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dampak lain dari mengonsumsi mi instan lebih dari 2 kali dalam seminggu adalah obesitas dalam perut, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan serangan jantung.

jadi, meskipun bumbu mi isntan yang dimasak belum terbukti dapat menyebabkan kanker, ada baiknya jika Anda membatasi konsumsi makanan instan ini.

Sumber : Benarkah Bumbu Mi Instan Picu Kanker?
Benarkah Bumbu Mi Instan Picu Kanker?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments