Friday, September 24, 2021
Home Nasional Benarkah IR 64 Beras Subsidi?

Benarkah IR 64 Beras Subsidi?

Heboh pemberitaan soal penggerebegan gudang beras milik PT Indo Beras Unggul (PT IBU) yang terletak di Jalan Rengas Bandung, Kilometer 60, Kelurahan Karang Sambung, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, digerebeg Satgas Pangan Mabes Polri pada hari Kamis, tanggal 20 Juli 2017.

Tidak tanggung-tanggung, penggerebegan tersebut berhasil mengamankan 1.162 ton beras. Pemerintah mengklaim, bisnis milik PT IBU ini telah merugikan negara hingga Rp 15 triliun.

“Temuan ini yang paling besar,” kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, kepada wartawan saat jumpa pers terkait penggerebegan gudang beras di Bekasi, Jawa Barat.

Modus yang dilakukan oleh PT IBU yakni menjual beras jenis IR 64 dalam kemasan premium untuk menaikkan harga hingga tiga kali lipat.

Lantas apakah benar PT IBU melakukan pembohongan publik atau penipuan terhadap masyarakat. Pasalnya kejadian ini ternyata baru sekali terjadi.

Ketua umum kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Winarno Tohir, mengatakan, peristiwa ini cukup mengagetkan dan baru sekali terjadi selama Indonesia merdeka, untuk itu dia belum mau berkomentar.

“Nanti, saya belum mau komentar dulu, takut salah karena baru pertama terjadi hal ini,” kata Winarno Tohir kepada Jitunews.com, Jumat (21/7).

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh Jitunews.com, benih IR 64 memang cukup umum digunakan oleh para petani di Indonesia. Untuk itu tentu tidak serta merta mendapat subsidi dari pemerintah. Benih subsidi biasanya diberikan melalui Bulog, namun tidak semua petani mendapatkan benih dari Bulog.

Selain itu, wajar saja ada perusahaan yang menjual beras dengan harga premium dengan penggunaan benih yang biasa. Pasalnya, teknologi untuk memproduksi beras juga berbeda-beda. Penggunaan teknologi dalam proses pengolahan gabah menjadi beras tentu menentukan harga beras yang dijual ke pasaran.

 

Sumber : Benarkah IR 64 Beras Subsidi?
Benarkah IR 64 Beras Subsidi?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments