Friday, September 24, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Berangkat besok pagi, calhaj Kloter I Medan masuk asrama haji

Berangkat besok pagi, calhaj Kloter I Medan masuk asrama haji

Jemaah calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Medan mulai memasuki Asrama Haji di Pangkalan Masyhur, Medan, Kamis (27/7) pagi. Mereka dijadwalkan akan diterbangkan tanah suci, Jumat (28/7) pagi.

“Kloter pertama ini jemaah haji asal kota Medan yang berjumlah 393 orang, termasuk 5 orang petugas. Insya Allah besok pagi akan kita berangkatkan dari asrama menuju Bandara Kualanamu, sekitar pukul 04.45 WIB,” kata Muslim, Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan.

Berdasarkan jadwal, calhaj kloter pertama ini akan diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA3101. Mereka dijadwalkan lepas landas dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Jumat (28/7) pukul 07.40 WIB.

Kloter I ini dijadwalkan tiba di Jeddah, Arab Saudi pada pukul 11.30 waktu Jeddah. Mereka akan kembali ke tanah air pada 6 September 2017.

Setelah tiba di Asrama Haji, para calhaj menjalani pemeriksaan kesehatan. Perugas memeriksa kondisi mereka untuk memastikan keselamatannya dalam penerbangan.

“Untuk jemaah wanita usia subur dilakukan pemeriksaan untuk melihat apakah mereka hamil atau tidak. Kalau jemaah haji hamil terpaksa kita akan lakukan penundaan keberangkatannya,” kata Aulianto, Wakil Kepala Bidang Kesehatan Haji PPIH Embarkasi Medan.

Jika dari pemeriksaan itu ditemukan adanya masalah kesehatan serius, calhaj dapat dirujuk ke rumah sakit. “Poliklinik yang menentukan,” sebut Aulianto.

Calhaj yang tergabung dalam kloter I Embarkasi Medan terdiri dari jemaah yang tergabung dalam dua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), yaitu KBIH Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan KBIH Pemerintah Kota Medan.

Pada musim haji tahun ini terdapat 8.356 calhaj asal Sumatera Utara yang akan diberangkatkan ke tanah suci dari Embarkasi Medan. Para jemaah ini tergabung dalam 22 kloter. [noe]

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/berangkat-besok-pagi-calhaj-kloter-i-medan-masuk-asrama-haji.html

Most Popular

Recent Comments