Friday, September 24, 2021
Home Nasional Berikut Alasan BPN Jakut Terbitkan Sertifikat HGB Pulau D

Berikut Alasan BPN Jakut Terbitkan Sertifikat HGB Pulau D

Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) sepenuhnya diberikan oleh Kepala BPN dan hanya diperuntukkan di atas tanah yang luasnya tidak lebih dari 5.000 meter persegi. Menariknya, sertifikat HGB untuk Pulau D hasil reklamasi di Teluk Jakarta yang memiliki surat ukur 312 hektar telah diterbitkan.

Sertifikat HGB Pulau D tersebut kian janggal ketika sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Utara.

Hal tersebut sangat berbeda dengan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 tahun 2011 tentang Pelimpahan kewenangan Pemberian Hak Atas Tanah dan Kegiatan Pendaftaran Tanah Tertentu, dalam pasal 4 ayat b disebutkan, pemberian HGB untuk badan hukum oleh kepala BPN hanya boleh dilakukan di atas tanah yang luasnya tidak lebih 5.000 meter persegi.

Terkait hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta, M. Najib Taufieq, memberikan klarifikasinya.

Alasan Najib mengeluarkan sertifikat HGB lantaran lahan Pulau D itu berstatus tanah milik negara. Sedangkan aturan Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2011 tersebut diperuntukkan bagi tanah yang bersifat perorangan.

“Maka saya tekankan, ini di atas HPL (hak pengelolaan lahan), kemudian (luasnya di atas) dua hektare, di bawah kewenangan kepala kantor,” kata Najib di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (29/8).

Najib pun menjelaskan bahwa pemberian sertifikat HGB di atas lahan hasil reklamasi tersebut sudah melalui proses pengkajian. Petugasnya sudah mengukur tanah pulau itu setelah permohonan pembuatan sertifikat diajukan.

“Ditinjau lokasinya oleh panitia pemeriksa tanah, kemudian disimpulkan ini boleh tidak diberikan? Setelah kesimpulan diberikan, baru keluar SK penetapan pemberian hak yang diberikan kepada pihak (pemohon). Setelah itu, PT berkewajiban membayar dananya, didaftarkan di kantor pertanahan Jakarta Utara, lalu keluarlah sertifikat itu,” jelasnya.

Penerbitan sertifikat HGB Pulau D menjadi ramai setelah foto sertifikat tersebut beredar di ruang publik. Dalam foto yang beredar itu, ada banyak kejanggalan yang ditemukan. Mulai dari proses penerbitan yang terbilang sangat cepat, hingga tidak adanya pencantuman jangka waktu HGB tersebut.

Sumber : Berikut Alasan BPN Jakut Terbitkan Sertifikat HGB Pulau D
Berikut Alasan BPN Jakut Terbitkan Sertifikat HGB Pulau D
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments